You are here
Home > Properti > Cara Memperbaiki Pompa Air Yang Tidak Mengeluarkan Air

Cara Memperbaiki Pompa Air Yang Tidak Mengeluarkan Air

Di Indonesia kebutuhan air bersih sebagian besar masyarakatnya berasal dari sumur, baik itu sumur yang digali ataupun sumur yang dibor atau istilah kerennya itu adalah sumur pantek. Mulai dari sumur yang dangkal hingga sumur yang memiliki kedalaman hingga puluhan meter dari permukaan tanah. Akan dibutuhkannya mesin pompa air yang disesuaikan dengan kedalam sumur untuk bisa mengangkut air yang berada di dasar sumur tersebut. Tetapi masalah yang seringkali dialami mesin pompa air ini adalah lemahnya daya sedot dan semburannya sehingga akan membuat air sulit untuk naik keatas. Dan bahkan seringkali harus dipancing terlebih dahulu supaya air sumur dapat mengalir ke bak mandi dengan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menunggunya. Jika masalah yang seperti ini kamu alami maka kamu akan membutuhkan jasa service pompa air.

Tetapi sebelum kamu memanggil jasa untuk perbaikan pompa air, maka alangkah baiknya dengan mencoba terlebih dahulu untuk memperbaikinya sendiri. Berikut cara memperbaiki pompa air yang tidak mengeluarkan air diantaranya yaitu :

  • Melakukan Pemeriksaan Pada Bagian Pengkabelan Listrik

Jika pompa air di rumah tidak mengeluarkan air padahal mesinnya menyala, maka cobalah untuk melakukan pemeriksaan pada bagian pengkabelan listrik yang terdapat pada pompa air. Banyak sekali kasus yang terjadi dimana tidak digantinya kabel meski telah rusak sehingga pompa air tidak akan menyala karena tidak sampainya listriknya pada mesin pompa air. Untuk bisa mengetahui apakah listrik pada kabel akan sampai atau tidak pada mesin, dapat dilakukan dengan menggunakan alat multimeter. Jika tidak adanya aliran listrik maka kabel yang lama harus diganti dengan kabel yang baru.

  • Mengganti Kapasitornya

Mesin pompa juga sering mengalami kerusakan dimana mesin pompa menyala tetapi hanya mendengung saja.Penyebab kerusakan pada pompa air ini biasanya terjadi karena putus kumparannya.Atau bisa juga disebabkan oleh sudah rusak kapasitornya.Kamu perlu melakukan perbaikan ke teknisi jika kerusakan yang dialami terjadi pada kumparan.Tetapi jika kerusakannya hanya karena sudah rusak kapasitornya, maka untuk memperbaikinya bisa dilakukan sendiri dengan mengganti kapasitornya. Ganti kapasitor lama dengan kapasitor baru yang memiliki nilai sama.

  • Membuka Tempat Pemancingan Air Pada Pompa

Jika masalah yang dialami pompa air adalah tidak mengeluarkan air meski mesinnya menyala, maka adanya beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuka tempat pemancingan air yang berada pada pompa tersebut. Cobalah perhatikan dan lihatlah apakah didalamnya ada airnya atau tidak.Jika kamu menemukan masih adanya air dengan kapasitas penuh pada tempat pemancingan air tersebut, maka dipastikan jika pompa air mengalami kerusakan.

  • Mengganti Motor Running Kapasitor

Jika mesin pompa air bisa dihidupkan tetapi tidak bisa berputar dan hanya mengeluarkan suara dengung saja, maka kerusakan yang dialami pompa air tersebut disebabkan oleh motor running kapasitornya mengalami kerusakan.Sehingga yang terjadi adalah mesin pompa airnya tidak bisa start. Kapasitor ini sendiri adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyimpan muatan listrik ataupun  energi yang ada didalam medan listrik.

Itulah cara memperbaiki pompa air yang tidak mengeluarkan air. Di zaman modern seperti sekarang ini memang sudah banyak ahli atau teknisi yang dapat memperbaiki pompa air rusak. Tetapi jika keadaannya darurat misalnya saja terjadinya dimalam hari dan membutuhkan air, maka keempat cara diatas semoga dapat membantu.

Leave a Reply