You are here
Home > Bisnis > Cara Mendapatkan Dana Sponsor Sesuai Kebutuhan Acara-mu

Cara Mendapatkan Dana Sponsor Sesuai Kebutuhan Acara-mu

Cara mendapatkan sponsor masih saja menjadi hal yang sulit dilakukan oleh sebagian besar penyelenggara acara. Padahal sebenarnya mendapatkan sponsor event tidaklah sesulit yang banyak orang katakan.

Kenapa? Alasan utamanya adalah sebenarnya sebagai penyelenggara acara Anda memiliki sesuatu yang mereka inginkan. Memangnya apa itu? jawabannya adalah audiens target para sponsorship ini.

Cara Mendapatkan Dana Sponsor Sesuai Kebutuhan Acara-mu

Artinya cara mendapatkan sponsor sesuai kebutuhan acaramu bisa dengan cara memanfaatkan apa yang menjadi keunggulan Anda ini. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa mempermudah Anda menemukan sponsor, melakukan kesepakatan dengan mereka, hingga membangun hubungan jangka panjang.

Buat Daftar Sponsor Ideal

Pihak sponsor ingin menjangkau orang-orang yang berpotensi besar menjadi pelanggan setianya. Agar hal itu bisa terjadi maka Anda bisa bekerja sama dengan produk maupun layanan yang diinginkan oleh para peserta acara yang Anda selenggarakan.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu tentang kebutuhan-kebutuhan dari para peserta acara. Setelah itu coba ajukan proposal sponsor ke perusahaan-perusahaan yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan demikian, berbagai sponsor potensial pun akan dengan mudah Anda dapatkan.

Membuat Proposal Sponsorship

Cara Membuat Proposal Sponsorship

Pada saat Anda menyusun proposal sponsorship, ada beberapa data penting yang harus Anda sertakan. Data-data penting yang dimaksud adalah:  

1. Penjualan Tiket dan Pendaftaran

Gunakan catatan daftar hadir untuk menunjukkan ke pihak sponsorship berapa banyak orang bisa dijangkau oleh mereka. Selain itu hal ini juga bisa sekaligus menunjukkan ke pihak sponsorship tentang seberapa cepat acara Anda berkembang setiap tahunnya.

2. Demografi

Pihak sponsorship umumnya ingin tahu usia, jenis kelamin, dan lokasi dari audiens mereka. Nah, untuk menaikkan daya jual proposal Anda, ada baiknya Anda pun menyertakan juga tingkat pendidikan, jabatan, dan juga pendapatan.

3. Aktivitas di Media Sosial

Cari tahu kapan, dimana, hingga seberapa sering acara Anda disebutkan baik di situs web, blog, jejaring sosial, maupun situs berita.

Hubungan dengan Sponsor Event

Anda sudah melakukan langkah-langkah persiapan cara mendapatkan sponsor sesuai dengan kebutuhanmu. Kini saatnya mengajukan proposal sponsor ke berbagai perusahaan untuk mendapatkan sponsor event. Ketika ingin mendekati pihak sponsorship, ikuti langkah-langkah berikut ini agar bisa mendapatkan hasil terbaik.

1. Buat Konsep Elevator Pitch

Tulis dua hingga tiga baris tentang jenis event yang ingin diselenggarakan, nilai bagi calon sponsorship, dan permintaan pertemuan singkat. Jangan lupa untuk berlatih cara mempresentasikan acara Anda sebelum bertemu langsung dengan pihak sponsorship.

Jalin Hubungan dengan Sponsor Event

2. Terhubung dengan Pihak Sponsor

Ketika mendekati calon sponsor potensial, tujuan utama Anda adalah untuk negosiasi, bukan langsung membuat kesepakatan. Oleh sebab itu penting untuk terhubung terlebih dahulu dengan pihak sponsor. Misalnya dengan menghadiri acara, berinteraksi di media sosial, mengirim email, dan lain-lain.

3. Tindak Lanjuti dengan Baik

Tunjukkan rasa hormat terhadap waktu mereka. Caranya dengan membuatnya singkat dan langsung pada intinya. Sampaikan dengan baik maksud dan tujuan Anda, lalu jangan lupa untuk meminta bertemu.

4. Bertemu dan Mendengarkan

Bawa data seperlunya. Pilih data yang relevan dengan mereka. Yang paling penting, buat catatan tentang apa yang diinginkan oleh pihak sponsorship untuk menyesuaikan proposal Anda.

5. Konsultasi dengan Konsultan Sponsorship

Terkadang kita butuh untuk berkonsultasi dengan pakar yang memang berkompeten di bidang tertentu. Termasuk dalam urusan mendapatkan dana sponsor, mungkin Anda bisa berkonsultasi dengan konsultan sponsorship seperti ST22 Youth Empowerment.

ST22 Youth Empowerment Partner hadir untuk mendukung berbagai organisasi Sekolah dan Kampus yang ada di Indonesia melalui serangkaian program Dana Kewirausahaan, Fund Raising (Dana Usaha), Cari Sponsor untuk event, Pengajuan Sponsorship, yang akan kami berikan untuk mendukung sumber daya organisasi kamu dalam melaksanakan program kerja, event (pentas seni ataupun project lainnya)

Desain Acara untuk Menarik Sponsorship

Terapkan apa yang sudah Anda pelajari tentang tujuan pihak sponsor untuk menunjukkan bagaimana acara Anda bisa membantu mencapai tujuan mereka. Selain itu, jangan lupa untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pihak-pihak sponsorship yang sudah Anda dapatkan.

Membuat Desain Acara untuk Menarik Sponsorship

Nah, itulah beberapa langkah yang bisa coba Anda terapkan ketika ingin mendapatkan sponsor sesuai dengan kebutuhan. Semoga ulasan singkat tentang cara mendapatkan sponsor sesuai kebutuhan ini bisa sedikit membantu.

Leave a Reply