You are here
Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Cara Mendeteksi Alergi Makanan Pada Anak Sesegera Mungkin

Cara Mendeteksi Alergi Makanan Pada Anak Sesegera Mungkin

Alergi bisa menyerang siapa pun, termasuk anak. Bagi Anda yang memiliki anak, tak ada salahnya untuk melindunginya dengan asuransi kesehatan. Jika ternyata alergi menyerang anak Anda, Anda bisa mengajukan Allianz klaim untuk meng-cover biaya pengobatan. Pasalnya, anak memang rentan mengalami alergi, terutama alergi makanan.

alergi makanan pada anakSelain makanan, alergi pada anak bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti: deb atau bahan kimia dari produk perawatan anak. Karena alergi cenderung sulit untuk dideteksi, banyak orangtua yang tidak menyadari bahwa anaknya mengalami alergi. Kalaupun sudah menyadari Si Kecil mengalami alergi, orangtua tetap harus mendeteksi makanan apa yang menyebabkan alergi pada anak.

Nah, bagaimana cara mendeteksi alergi pada anak?

  • Kenali gejala

Gejala alergi ada berbagai macam. Namun Anda bisa mengenali beberapa gejala alergi yang umum terjadi pada anak. Gejala alergi bisa terjadi di kulit, saluran pencernaan, pernapasan, dan sistem kardiovaskular. Pada kulit, biasanya anak-anak mengalami: gatal-gatal, kemerajan, bengkak, atau eksim. Sedangkan pada saluran pencernaan, anak-anak dapat merasakan: sakit perut, mual, muntah, atau diare. Lalu pada saluran pernapasan gejala seperti: pilek, bersin, batuk, sesak napas, bisa menandakan alergi. Terakhir, gejala alergi pada sistem kardiovaskular bisa mengakibatkan hilang kesadaran atau pingsan.

  • Tes makanan dengan bertahap

Yang dimaksud dengan tes makanan di sini adalah memberi anak makanan yang berbeda-beda secara bertahap untuk mengetahui reaksi alerginya. Misalnya pertama-tama Anda coba memberikan kacang pada anak, tunggulah 3-5 hari sebelum memberikan makanan lain. Kemudian, perhatikalah reaksi tubuh anak – apakah muncul alergi atau tidak. Kalau tidak, Anda bisa mencoba memberikannya makanan lain dan menerapkan cara yang sama untuk mengetahui makanan apa yang menjadi penyebab alergi.

  • Deteksi riwayat kesehatan orangtua

Selain itu, cobalah untuk mengingat riwayat kesehatan Anda. Jika kedua orang tua atau salah satunya pernah mengidap alergi makanan, maka anak Anda juga berisiko mengalami alergi. Karenanya, saat memeriksakan si kecil ke dokter, jangan lupa untuk menyebutkan riwayat alergi Anda (jika ada) untuk memudahkan dokter untuk mendeteksi alergi.

Itu dia beberapa cara mendeteksi alergi makanan pada anak. Semoga bisa mengatasinya dengan segera! (Rima)

Leave a Reply