You are here
Home > Properti > Cara Pemasangan Fitting Lampu dan Stop Kontak

Cara Pemasangan Fitting Lampu dan Stop Kontak

Bagi sebagian orang memang belum begitu memahami tentang cara memasang instalasi listrik terutama pemasangan fitting lampu yang benar dan sesuai prosedur seperti MCB, saklar, Stop kontak dan sebagainya. Tentunya hal ini menjadi suatu pekerjaan yang penting namun cukup membingungkan dan sulit untuk dikerjakan sendiri terutama bagi mereka yang tidak mengerti akan hal tersebut.

Bahkan kini banyak loh fitting lampu yang unik di mana banyak menggunakan fitting pipa air. Biasanya ini digunakan di rumah-rumah klasik bahkan di resto atau cafe kekinian. Cara ini akan membuat image klasik pada ruangan akan sangat terasa.

Dekorasi Lampu Retro yang Unik

Namun, jika anda memang ingin mengetahui dan benar-benar ingin belajar mengenai cara pemasangan fitting dan stop kontak yang benar. Maka sebaiknya anda disarankan untuk belajar kepada yang ahlinya atau anda juga dapat membaca buku panduan. Berikut ini team Newsmast.com akan memberikan sedikit tata cara panduan mengenai hal diatas.

Pemasangan fitting lampu

Dari tips yang pertama ini saya akan membagi dua penjelasan, yang pertama dengan cara mengubungkan kontak dasarnya pada penghantar fase dan kontak luarnya pada penghantar netral. Maksudnya dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa setiap pemasangan harus sesuai dengan peraturan diatas.

Pemasangan Stop Kontak

Pembahasan kedua adalah pemasangan stop kontak. Sama halnya dengan pemasangan fitting lampu maka cara pemasangan stop kontak yaitu dengan cara kotak-kotak fase tunggal, baik yang berkutub dua maupun tiga harus dipasang sehingga kutub netral  ada disebelah kanan atau di sebelah bawah kutub tegangan.

Dari beberapa cara diatas memang cukup mudah untuk orang yang memang sudah mengerti akan hal tersebut. Namun jika anda ingin terus belajar maka jangan bosan-bosan untuk membaca panduan dari buku atau beberapa artikel yang lain. Dan ingat jika anda memasang stop kontak atau sejenis lainnya yang berhubungan dengan listrik maka anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Matikan lsitrik di rumah dengan menurunkan tuas MCB utama  yang berda di bawah KWH meter. Pastikan listrik mati sebelum melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan aliran listrik.
  • Pastikan tidak ada lagi arus listrik yang mengalir ke rumah dengan menggunakan tespen
  • Pastikan juga kondisi tespen yang digunakan benar-benar dalam kondisi bagus dengan terlebih dahulu mencoba tespen tersebut ke sumber listrik yang masih mengalir, tespen yang digunakan harus dalam kondisi yang menyala
  • Gunakan alas kaki yang berbahan karet atau isolator dan kering
  • Jangan pernah melakukan pekerjaan listrik sendirian

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai cara pemasangan fitting dan stop kontak. Kurang lebihnya seperti itu, semoga dari penjelasan yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian.

Leave a Reply