You are here
Home > Kuliner > Cemilan Khas Sunda Yang Wajib Anda Cicipi

Cemilan Khas Sunda Yang Wajib Anda Cicipi

Sunda adalah suku yang ada di Jawa Barat. Jawa Barat adalah salah satu provinsi yang luas sehingga banyak sekali kota dan juga daerah di Jawa Barat. Bandung adalah ibu kota Jawa Barat yang menyimpan banyak sejarah. Sejarah dari segi kuliner adalah salah satu hal yang membuat Bandung banyak dikunjungi. Jadi jika anda ingin mencicipi kuliner khas Sunda, anda bisa pergi ke Bandung. Nah untuk kuliner ringan atau cemilan khas Sunda sendiri juga banyak sekali. Jadi anda bisa cicipi banyak cemilan khas Sunda. Apa saja makanan tradisional Sunda? Berikut daftarnya!

Cemilan Khas Sunda Yang Wajib Anda Cicipi
Gambar: Surabi

1. Cipuk

Pernahkah anda medengar tentang cemilan khas Sunda yang satu ini? Cemilan yang satu ini adalah salah satu cemilan yang memang sudah ada sejak jaman dahulu. Cemilan ini sendiri adalah kerupuk yang terbuat dari aci dan dalamnya terdapat banyak jenis kerupuk juga.

Cipuk

Jadi beragam jenis kerupuk diadonkan jadi satu. Rasa cipuk ini sendiri enak sekali karena rasanya gurih. Nah cipuk ini ada yang dijual mentah, jadi anda bisa membelinya di berbagai toko oleh-oleh di Bandung. Telah sampai di rumah, anda goreng cipuk hingga matang.

2. Peyeum

Pastinya anda yang memang tidak pernah mendengar cemilan yang satu ini merasa asing. Namun jika disebutkan bahwa peyeum ini adalah tape singkong pasti anda pernah memakannya.

Peyeum

Peyeum ini sendiri adalah jenis tape singkong yang lebih panjang dan ada yang sudah sangat lama. Jadi semakin lama tape semakin enak. Peyeum ini biasanya dijual oleh penjual peyeum dengan cara digantung di dalam etalase. Peyeum ini biasanya banyak yang membeli karena memang enak.

3. Surabi

Cemilan khas sunda yang satu ini juga banyak sekali penggemarnya. Surabi ini masih ada hinga sekarang. Surabi yang berbentuk bulat dan terbuat dari tepung beras dan juga ada kelapanya ini gurih sekali. Suabi ini sendiri ada banyak varian rasanya.

Surabi Bandung

Ada varian rasa manis dan gurih. Varian rasa gurih adalah yang original. Ada juga varian rasa yang gurih pedas dari oncom tumis pedas yang ditambahka di atas surabi. Surabi ini sendiri yang original manisnya dimakan dengan cairan gula merah. Jadi cairan gula merah sendiri dituangkan di atas surabinya.

4. Tahu Sumedang

Sumedang adalah salah satu daerah yang ada di Jawa Barat dekat dengan Bandung. Sumedang banyak terdapat berbagai Universitas terbaik salah satunya UNPAD dan IPDN. Nah di Sumedang ini terkenal cemilan khas sunda yang banyak mencari.

Tahu Sumedang

Tahu Sumedang adalah cemilan khas sunda yang memiliki rasa yang lebih gurih dan enak sekali ketika dimakan dengan cabe rawit mentah. Tahu Sumedan ini warnanya cokelat ketika sudah digoreng dan dibungkus dalam keranjang bamboo khas Indonesia.

5. Seblak Kerupuk

Cemilan khas sunda yang satu ini memang menjadi cemilan yang paling terkenal sekarang ini. Cemilan yang satu ini banyak disukai anak-anak muda karena pedas sekali rasanya. Seblak original khas sunda adalah seblak yang di dalamnya kerupuk.

Seblak Kerupuk
Seblak Kerupuk Mister Seblak

Jadi kerupuk direndam dalam minyak atau air panas dan kemudian dimasak dengan bumbu pedas khas seblak. Bumbu khas seblak tersebut adalah adanya rempah kencur. Jadi rempah kencur yang menjadi ciri khas dari seblak. Nah cabe pedas dan bawang merah adalah penambah rasa di seblak kerupuk.

Leave a Reply