You are here
Home > Gaya Hidup > Cerdas dalam Menyampaikan Pendapat dan Opini di Indonesia

Cerdas dalam Menyampaikan Pendapat dan Opini di Indonesia

Sebagai generasi milenial, tentunya kita semua tahu jika berpendapat di banyak situs opini Indonesia merupakan hal yang melekat saat ini. Kebebasan berpendapat jadi semakin mudah mengingat hidup kita saat ini dipenuhi dengan teknologi yang semakin canggih dan berkembang. Pendapat apa saja bisa dengan mudah disampaikan dan medianya pun sudah banyak saat ini.

Di era ini ada banyak isu sosial yang bisa diangkat atau disampaikan ke khalayak ramai. Jika kita sebagai masyarakat tidak mengutarakan apa pendapat kita, maka isu tersebut akan tenggelam dengan sendirinya. Padahal banyak langkah sederhana yang bsia dilakukan salah satunya menulis pendapat melalui kolom komentar atau di banyak situs opini Indonesia supaya menjangkau lebih banyak audience.

Cerdas dalam Menyampaikan Pendapat dan Opini di Indonesia

Kebebasan dalam berpendapat adalah hak asasi semua orang dimana seseorang harus bisa menyampaikan opini secara bebas tanpa batasan terkecuali jika pendapat tersebut adalah mengenai kebencian ataupun SARA. Kebebasan berpendapat harus dilakukan dengan cara yang pintar. Jangan sampai nanti opini kita menimbulkan konflik kedepannya.

Perlu diingat jika opini yang dikeluarkan harus sesuai dengan kapasitas diri, fakta, dan data yang ada. Dalam mengemukakan pendapat, kita juga perlu memikirkan banyak hal misalnya apakah opini yang disampaikan mengandung sara? Mengandung rasisme? Jadi banyak yang perlu dipertimbangkan.

Sebab apabila yang dilontarkan ternyata salah, bukan sesuatu yang positif yang bisa didapatkan melainkan memicu kontra terutama jika opini tersebut sudah menyebar di media sosial.

Hindari Hal Ini Saat Beropini di Muka Umum

Ada beberapa hal yang harus dihindari pada saat berpendapat di muka umum. Karena apabila dihindari, sudah tentu kita akan terhindar dari segala sesuatu yang tidak kita inginkan.

1. Jangan Beropini yang Dapat Menyulut Perpecahan

Apabila Anda ingin menyampaikan sebuah pendapat atau opini, tentu pernyataan atau statement yang akan dikeluarkan akan menjadi hal yang begitu sakral. Anda tidak akan tahu apakah hal-hal yang disampaikan dapat diterima oleh semua kalangan atau tidak. Misalnya persoalan mengenai politik Indonesia.

Anda bisa mencontoh salah satu influencer asal Indonesia bernama Raditya Dika. Ia memiliki latar belakang politik yang bagus dan ayahnya pun bergelut di salah satu partai di Indonesia. Ini tentu membuat Radit cukup kredibel dalam menyampaikan pendapat mengenai politik di Indonesia.

Tapi sebaliknya, ia memilih untuk tidak membahas tentang politik sedikitpun demi meminimalisir terjadinya perdebatan.

Beropini dan Komentar di Social Media

2. Harus Mengetahui Isu yang Disampaikan Secara Detail

Jika sebelumnya Anda tidak ingin membahas soal politik karena takut terjadi persoalan yang dapat memicu terjadinya perpecahan, bukan berarti Anda harus diam. Jika memang ingin mengemukakan pendapat yang berkenaan dengan masalah politik tidak masalah asalkan Anda sudah tahu informasinya lebih dalam.

Jika isu yang ingin disampaikan sudah diketahui dengan baik, maka tentu opini pribadi yang dilontarkan pun akan jadi lebih jelas dan terarah. Dan hal-hal yang disampaikan pun tidak hanya berpendapat saja tapi Anda juga bisa memberikan edukasi terhadap persoalan tersebut bahkan jika memungkinkan memberikan sebuah solusi terbaik.

Salah satu cara paling mudah yang bisa dilakukan jika ingin menggali informasi adalah dengan melakukan riset terlebih dahulu melalui berita di internet atau bisa juga di media sosial. Dengan begitu, Anda akan tahu apakah isu yang terjadi benar-benar valid atau tidak.

3. Memikirkan Dulu Opini yang Nantinya Ingin Disampaikan

Sebaiknya pikirkan dulu mengenai opini Indonesia yang akan disampaikan ke muka umum. Karena kebanyakan orang yang menyampaikan pendapat tidak memikirkan dulu apa dampak yang akan ditimbulkan dari opini yang disampaikan. Bisa saja pendapat tersebut justru dapat merugikan diri sendiri ataupun orang lain.

Oleh sebab itu, sebelum mengemukakan pendapat sebaiknya Anda harus mengkaji dan menganalisis lebih mendalam guna meminimalisir konflik yang bisa saja terjadi nanti.  Terkecuali jika memang Anda ingin membuat isu tertentu supaya mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

4. Sampaikan Opini dengan Sopan

Sebaiknya dalam mengemukakan pendapat Anda harus menggunakan bahasa dan cara yang bagus dan sopan. Anda tidak boleh menyampaikan pendapat dengan cara yang tidak diinginkan supaya tidak dapat memicu terjadinya konflik kedepannya.

Sampaikan Opini dengan Sopan

5. Ketahui Tentang UU ITE Media Online

Anda juga perlu mengetahui bahwa saat ini sudah diberlakukan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau yang disebut dengan UU ITE. Peraturan baru di Indonesia ini mengatur tentang informasi dan transaksi yang dilakukan di media online.

Jika ada seseorang yang berpendapat lewat konten di media online dan ada juga seseorang atau bahkan kelompok yang merasa tersinggung dan dirugikan, maka konten Anda bisa menjadi alat bukti untuk mereka supaya bisa menuntut mereka secara hukum. Beberapa konten yang dimaksudkan disini adalah komentar, foto serta video.

UU ITE

Karena itu sebaiknya bijaksanalah dalam berpendapat. Anda juga perlu menulis secara hati-hati baik status ataupun komentar di media sosial. Anda juga perlu tahu dan menyadari apa akibat dari yang sudah Anda lakukan tersebut.

Beberapa cara di atas dapat menjadi langkah yang perlu diingat sebelum mengemukakan sebuah pendapat. Kebebasan berpendapat tetap harus dilakukan dengan baik supaya dampaknya pun akan baik nanti. Dalam mengeluarkan pendapat baik opini ataupun komentar tentu akan ada risikonya meski sekecil apapun itu.

Leave a Reply