You are here
Home > Gaya Hidup > Fashion > Hal-hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Sorban

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Sorban

Sebenarnya sorban bukanlah aksesoris khusus untuk agama tertentu saja. Hal itu pun terbukti, yang mana sebagian masyarakat di kawasan Timur Tengah menggunakan sorban baik yang beragam Islam maupun non-Islam.

Tentu saja ada beragam model sorban pria yang tersedia dipasaran. Maka dari itu, kita tidak boleh memilih sorban secara asal-asalan. Dengan kata lain, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat memilih sorban.

Table of Contents

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Sorban

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

1. Pahami Jenis-jenis Sorban

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi bahwa ada banyak sekali model atau jenis sorban yang tersedia dipasaran. Tentu saja pada masing-masing jenis sorban tersebut mempunyai ciri khas tersendiri.

Adapun mengenai jenis-jenis sorban yang harus kamu ketahui seperti berikut:

a. Sorban Arab

Jazirah Arab sangatlah luas yang meliputi beberapa negara, seperti Arab saudi, Yaman, Oman, Uni Emirat Arab, Qatar, Bahrain, dan sekitarnya. Ciri khas dari Sorban Arab ini mempunyai motif kotak-kotak yang berwarna merah sedangkan kainnya berwarna putih.

b. Sorban Palestina

Dilihat dari motifnya, memang tidak ada yang berbeda antara Jenis Sorban Palestina dengan sorban khas Arab. Namun, motif kotak pada sorban Palestina ini lebih besar. Selain dari ukuran motif, perbedaan kedua jenis sorban tersebut juga terletak pada warna.

Jika sorban khas Arab menggabungkan warna merah putih, maka Sorban Palestina menggabungkan warna hitam putih. Usut punya usut, ternyata motif dan warna dari sorban khas Palestina ini merupakan simbol perjuangan rakyat Palestina terhadap penjajahan Israel lho.

Menggunakan Sorban

c. Sorban Kashmiri

Meski bukan bagian dari wilayah Arab, namun masyarakat Kashmir jenis sorban yang begitu khas dengan nuansa eksotik. Hal itu bukan tanpa alasan, karena Jenis Sorban Kashmiri ini mempunyai g motif artistik.

Belum lagi material yang digunakannya terbuat dari bahan berkualitas premium, sehingga tak heran jika jenis Sorban Kashmiri akan menciptakan nuansa kemewahan dan elegan.

2. Sesuakan Dengan Usia

Setelah menentukan jenis sorban, penting bagi kamu untuk memilih sorban yang sesuai dengan usia. Di Indonesia, umumnya sorban digunakan oleh laki-laki remaja dan dewasa. Tentu saja ukuran sorban yang digunakan oleh pria remaja dan dewasa akan berbeda.

Maka dari itu, kamu harus mempertimbangkan ukuran sorban yang sesuai dengan usia. Apabila usiamu masih remaja, maka pilihlah sorban yang memiliki motif army agar terkesan kekinian. Sedangkan untuk kalangan anak-anak, sebaiknya pilih tipe sorban instan.

Pasalnya, jenis sorban instan sangat mudah saat dipasang maupun dilepas. Tak cuma itu, bahkan tipe sorban instan juga tersedia kedalam beragam ukuran dan warna lho. Tentu saja hal tersebut dapat membuatmu semakin leluasa dalam memilih sorban yang sesuai dengan selera.

3. Pilihlah Warna Sorban yang Sesuai karaktermu

Hal berikutnya yang harus kamu perhatikan dalam memilih sorban, yakni warnanya. Tentunya kamu harus memilih sorban yang warnanya sesuai dengan karaktermu. Jika ingin tampil dengan nuansa elegan, maka kamu bisa memilih sorban yang berwarna emas, hitam, navy (biru dongker), dan cokelat.

Sedangkan untuk tampilan yang lebih simple, sebaiknya pilih sorban polos tanpa motif yang mengusung warna netral seperti putih, abu-abu, dan lain sebagainya. Bahkan yang lebih menariknya lagi, sorban yang berwarna netral tersebut cocok dipadukan dengan semua warna pakaian apa saja lho.

Leave a Reply