You are here
Home > Hobi > Ingin Maen dalam Air? Coba Snorkeling! Apa Saja Perlengkapan Snorkeling

Ingin Maen dalam Air? Coba Snorkeling! Apa Saja Perlengkapan Snorkeling

Snorkeling, mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga. Di televisi, bahkan youtube banyak acara atau channel traveling yang mengangkat tema keindahan bawah laut yang dilakukan dengan snorkeling. Tidak bisa dipungkiri, keindahan bawah laut memang bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para traveller. Penyejuk mata dan pikiran setelah lama bekerja.

Beragam jenis ikan, terumbu karang, serta biota laut lainnya bisa dilihat dengan jelas melalui olahraga snorkeling. Olahraga ini termasuk olahraga yang menyenangkan. Selain bisa berolahraga, kamu juga bisa sekalian berwisata dan memanjakan mata dengan indahnya alam bawah laut. Nah, untuk pemula yang ingin mencoba, berdasarkan dari website superadventure.co.id apa saja tentang snorkeling?

1. Mengenal Snorkeling

Untuk bisa snorkeling, maka harus tahu dulu hakikatnya snorkeling itu apa. Jadi, snorkeling hakikatnya sama dengan berenang atau bisa juga menyelam tapi hanya di permukaan laut saja. Untuk snorkeling, biasanya para wisatawan menggunakan masker selam dan snorkel pada saat snorkeling.

Olahraga snorkeling yang sehat dan menyenangkan

Tahu snorkel? Kalau kamu pernah melihat film kartun yang memakai alat pernafasan bawah air berbentuk huruf J itulah yang namanya snorkel. Memakai snorkel saat snorkeling memungkinkan kamu untuk menyelam di permukaan laut tanpa harus menaikkan kepala ke permukaan untuk mengambil nafas.

2. Beda Snorkeling dan Menyelam

Diantara kita pasti ada yang belum tahu bedanya snorkeling dan menyelam. Karena keduanya memang tergolong sama-sama olahraga bawah air laut. Beda dengan berenang yang beberapa detik sudah harus naik ke permukaan kolam untuk mengambil nafas. Karena biasanya renang hanya membutuhkan kacamata khusus renang.

Snorkeling
Gambar: Dok. Catalina Tours

Ternyata, snorkeling dengan menyelam atau yang dikenal juga dengan nama diving itu berbeda. Jika diteliti lebih lanjut, dari pengertiannya saja sudah berbeda. Snorkeling dilakukan dengan cara berenang seperti biasa untuk melihat keindahan bawah laut, hanya saja dilengkapi dengan alat snorkel sehingga bisa bernafas dalam air.

Berbeda dengan diving/ menyelam yang harus masuk ke kedalaman laut yang lebih jauh daripada snorkeling. Bisa sampai dasar laut juga. Untuk bisa melakukan diving sendirian, kamu sudah harus mempunyai sertifikat diving. Jadi tidak bisa dilakukan sembarang orang. Selain itu, peralatan yang dibutuhkan untuk diving pun lebih banyak. Termasuk tabung oksigen.

Menyelam
Gmabar: Dok. The Jakarta Post

Jika peralatan dan teknik yang harus dikuasai berbeda, sudah pasti kedalaman laut dan tujuannya pun berbeda. Snorkeling biasanya dilakukan di permukaan air mulai 1 meter hingga 3 meter. Tujuannya pun hanya untuk melihat keindahan gua laut, ikan-ikan di kedalaman 3 meter, intinya yang tidak terlalu jauh dari permukaan laut.

Sedangkan menyelam dilakukan pada kedalaman 200 hingga 300 meter. Tujuan dari diving adalah mengamati kehidupan di dasar laut dalam, baik terumbu karang, ikan, maupun pencarian korban kecelakaan. Oleh karena itu diperlukan peralatan khusus karena waktu di dalam air dan waktu untuk kembali ke permukaan lebih lama daripada snorkeling.

3. Perlengkapan yang Dibutuhkan untuk Snorkeling

Meski hanya menyelam di permukaan laut, snorkeling juga tidak boleh dilakukan sembarangan. Ada perlengkapan yang harus disiapkan oleh orang yang akan melakukan snorkeling. Diantaranya adalah snorkel, fin, dan kacamata selam.

Perlengkapan Snorkeling
Gambar: Dok. Outside Pursuits

Untuk snorkel sudah saya jelaskan diatas. Selain snorkel ada juga fin. Fin adalah nama lain untuk kaki katak. Pasti kamu sudah tahu alat satu ini. Dan satu lagi yang dibutuhkan untuk snorkeling yaitu kacamata selam. Sudah pasti fungsinya untuk melindungi mata dari air laut yang asin.

4. Cara yang Aman untuk Snorkeling bagi Pemula

Untuk pemula, disarankan untuk snorkeling bersama orang yang sudah terlatih, selain itu jangan menyelam terlalu jauh dari permukaan air. Dan pilihlah tempat yang dekat dengan pantai.

Nah itulah sekilas tentang snorkeling yang harus kamu tahu sebelum memutuskan untuk memulai hobi olahraga satu ini. Keindahan bawah laut memang sangat memanjakan mata, sehingga siapapun yang snorkeling pasti ingin mengabadikan momen. Ingin berselfie ria sah-sah saja. Tapi jangan sampai merusak keindahannya.

Berbicara harganya, mungkin sedikit menguras kantong dompet anda semua. Namun yang jelas harganya pasti dalam nominal ratusan ribu bahkan jutaan ya. Tapi semua itu terbayar lunas dengan keindahan alam bawah permukaan laut nantinya.

Leave a Reply