You are here
Home > Otomotif > Mobil > Inilah Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas

Inilah Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas

Memilih mobil bekas berkualitas mungkin menjadi satu hal yang terlihat sulit untuk beberapa orang. Padahal, jika kita mengetahui tip dan triknya, hal ini tidak akan menjadi sesuatu yang sulit. Karena, harus Anda ketahui bahwa tidak semua orang jual beli mobil bekas karena kondisinya yang sudah jelek, namun terkadang, mereka dihadapkan pada kondisi tertentu yang mau tidak mau mengharuskan mereka menjual mobil.

Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas
Ilustrasi memilih mobl bekas. (Gambar. Doc: Edmundscom)

Tips Mudah Dalam Memilih Mobil Bekas

Karena itu, untuk bisa mendapatkan mobil second namun dengan kualitas yang masih bagus, tentunya Anda harus bisa jeli saat memilih. Selain jeli, ada beberapa hal lain yang tentunya juga Anda perlu ketahui ketika hendak membeli mobil bekas. Kira-kira apakah itu? Nah kami telah membuat rangkumannya, silahkan simak.

1. Berhati-Hati Dengan Tawaran Mobil Bekas Harga Miring

Tips memilih mobil bekas berkualitas yang pertama adalah, Anda harus selalu waspada pada mobil yang ditawarkan dengan harga miring. Jangan mudah tergiur pada tawaran yang terdengar tidak masuk akal, jika ada tawaran jauh di bahwa harga pasaran, maka sepatutnya Anda mengecek dengan teliti.

Tawaran Mobil Bekas Harga Miring
Ilustrasi penawaran mobil bekas dengan harga miring. Hati-hati! (Gambar. Doc : Hyden Auto)

Biasanya ketika ada tawaran mobil dengan harga amat miring, mobil yang dijual adalah mobil-mobil bekas kecelakaan, atau bekas banjir, yang tentu saja kondisinya tidak bisa dibilang baik. Atau teradang, tawaran harga miring, juga diberikan oleh pihak showroom, agar Anda datang ke tempat mereka, untuk ditawari mobil-mobil lain. Intinya bisa dibilang, ini juga merupakan salah satu trik marketing, jadi Anda harus berhati-hati.

2. Mintalah Catatan atau History Service Lengkap

Tips memilih mobil bekas berkualitas kedua adalah, mintalah seluruh catatan service yang pernah dilakukan oleh penjual. Hal ini penting, agar Anda juga bisa mengetahui kondisi mobil, jadi, pastikan Anda menanyakan secara lengkap, untuk mengetahui berbagai hal, misalnya seberapa rutin service dilakukan, masalah apa saja masalah yang kerap dialami mobil.

Catatan dan History Service
Catatan Service dan Manual Book

Dari service record nantinya Anda akan bisa melihat bagaimanakah mobil tersebut diperlakukan oleh pemilik lamanya. Semakin rutin mobil tersebut dirawat, maka performa yang dimiliki oleh mobil juga semakin baik, dan prima.

3. Teliti Bagian Aksesoris dan Interior

Melakukan pemeriksaan kondisi mobil adalah satu hal yang penting jika Anda ingin mendapatkan mobil bekas berkualitas. Dan ketika melakukan hal ini, Anda wajib memeriksa aksesoris mobil. Misalnya, AC, switch lampu, sistem audio, juga sabuk pengaman. Pastikan bahwa semua yang Anda periksa bekerja dengan baik dan seperti seharusnya.

Teliti Bagian Aksesoris dan Interior
Ilustasi proses memeriksa aksesoris dan interior mobil bekas. (Gambar. Doc: Cars24)

Hal berikutnya yang wajib untuk Anda periksa adalah, interior dari mobil tersebut. Cobalah untuk duduk di jok mobil, dan rasakan apakah ada hal yang salah. Jika tidak ada, berarti itu kabar baik. Kemudian periksa keadaan plafon, dashboard, juga karpet mobil. Semua wajib Anda periksa agar Anda tidak merasa kecewa saat nanti sudah terlanjur membeli namun ternyata menemui kerusakan.

4. Periksa Body dan Mesin Mobil Dengan Teliti

Periksa Body Mobil Bekas
Ilustasi melihat body mobil bekas. (Gambar. Doc: Freepik/@viewapart)

Setela Anda memastikan interior dan aksesoris mobil, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas adalah, periksa dengan teliti, body serta mesin mobil. Anda harus memastikan bahwa eksterior mobil, seperti kaca mobil, kap mesin, juga pintu, masih orisinil atau sudah diganti. Lihat pula bagaimana keadaan kerangka utama mobil, pastikan bahwa chassis mobil ada dalam keadaan baik.

Cek Mesin Mobil
Montir melakukan pemeriksaan mesin mobil. (Gambar: Doc. Ira Toyota of Tewksbury)

Mesin mobil jelas menjadi satu hal utama dan sangat penting, karena itu pastikan Anda tidak melewatkan untuk memeriksa bagian yang satu  ini. Saat Anda memeriksanya, pastikan mobil mudah distarter, dan suara mobil halus. Cek pula, apakah dalam komponen mesin mobil ada kebocoran atau tidak. Yang terpenting mintalah untuk test drive, agar bisa merasakan bagaimana mesin mobil tersebut.

5. Liat Kondisi Mobil Bekas via Online

Salah satu alternatif untuk memilih mobil bekas, Anda bisa melihat dan membaca kondisi mobil di situs-situs online. Salah satunya mobil88.astra.co.id. Sebuah layanan yang akan memudahkan setiap pembeli lihat kondisi mobil dari foto-foto yang ditampilkan. Bahkan setiap mobil yang terlihat di situs tersebut sudah lolos uji inspeksi.

Cek Mobil Bekas Online di Mobil88
Ilustrasi Mobil Bekas PIlihan. (Gambar: Doc. mobil88.astra.co.id)

Sedangkan untuk penjual, setiap pemilik bisa menjual mobil bekasnya hanya dengan waktu 30 menit saja loh! Cukup isi formulir dan team dari Mobil88 akan menghubungi dan janjian untuk melakukan inspeksi mobil ke rumah. Mudah bukan?

Nah, itu dia tips-tips yang harus Anda ketahui sebelum membeli mobil bekas, agar anda bisa mendapatkan mobil bekas berkualitas.

Leave a Reply