You are here
Home > Teknologi > Internet > Internet Cepat Pendukung Work From Home (WFH)

Internet Cepat Pendukung Work From Home (WFH)

Pandemi covid-19 telah mengalihkan kegiatan normal menjadi kegiatan “di rumah saja”. Masa pandemi yang tidak kunjung reda, internet cepat sangat dibutuhkan. Pasalnya kegiatan yang dilakukan di rumah saja seperti sekolah dalam jaringan (daring) dan bekerja dari rumah (work from home/WFH) membutuhkan koneksi internet yang baik.

Internet Cepat Pendukung Work From Home (WFH)

Work from home (WFH) di masa pandemi memang gaya terbaru di Indonesia sekarang ini. Koneksi internet tercepat di Indonesia menjadi incaran para masyarakat yang terdampak covid 19.  Internet cepat akan membantu pekerjaan-pekerjaan yang di bawah dapat selesai dengan cepat.

WFH Bukanlah Hal Baru

Work from home atau WFH sebenarnya bukanlah hal yang baru. Hal ini telah mendapatkan perhatian sejak kemunculan dan perkembangan teknologi komunikasi dan komputer pada akhir abad 20-an. Amerika Serikat sekitar tahun 80-an telah melakukan uji coba bekerja jarak jauh, kemudian disusul oleh negara bagiannya untuk menerapkan sistem bekerja jarak jauh ini pada tahun 90-an.

work from home

Work from home (WFH) telah lama dikenal oleh para pekerja freelance. Sebelum masa pandemi covid-19 ini hadir, para pekerja jarak jauh telah ada. Mereka memanfaatkan teknologi serta koneksi internet cepat untuk menyelesaikan pekerjaannya. Hal ini tentu sangat memudahkan mereka untuk bekerja tanpa harus datang ke kantor di mana mereka bekerja.

Sektor yang Wajib WFH di Masa Pandemi Covid-19

Pembatasan kegiatan pada masa pandemi covid 19 ini tidak menutup kemungkinan masyarakat Indonesia untuk tetap bekerja. Ada beberapa sektor yang diwajibkan oleh pemerintah untuk melakukan WFH atau Work From Home.

Jendral Tni (Purn) Luhut Binsar Panjaitan yang sekarang menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi mengatakan bahwa selama pembatasan kegiatan ini diberlakukan maka wajib WFH bagi sektor non esensial. Sektor esensial diantaranya penyedia jasa keuangan, perbankan, sistem pembayaran teknologi informasi, pasar modal dan lain sebagainya.

4 Tips Menghadapi WFH

Work From Home tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan dari WFH diantara adalah pekerjaan menjadi fleksibel, menghemat biaya transportasi, dan disamping bekerja masih bisa melakukan aktifitas bersama keluarga. Akan tetapi WFH memiliki kekurangannya, seperti jam kerja yang tidak teratur, kurangnya motivasi karena harus bekerja secara individual, dan gangguan kesehatan karena harus duduk berjam-jam.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa mengurangi resiko buruk dari WFH:

1. Memiliki Ruang Kerja yang Fungsional

WFH di Ruang Kerja yang Fungsional

Ruang kerja adalah tempat yang akan digunakan setiap hari ketika bekerja di rumah. Meskipun pekerjaan dilakukan di rumah, maka memiliki ruang kerja pribadi sangatlah penting untuk menunjang kebutuhan bekerja dari rumah. Ruang kerja yang menciptakan perasaan tenang akan membantu produktivitas dan mental pelaku WFH.

2. Perbanyak Interaksi dengan Keluarga dan Teman

Interaksi dengan Keluarga dan Teman saat WFH

Meskipun WFH dilakukan secara individu, akan tetapi perlu adanya interaksi sosial agar mental tetap terjaga. Banyak kasus pekerja WFH merasa kesepian ketika bekerja sehingga mental akan tidak stabil. Untuk menghindari hal ini, maka diperlukan interaksi sosial.

3. Sediakan Koneksi Internet yang Baik

Siapkan internet stabil saat WFH

Salah satu hal yang dibutuhkan dan sangat krusial ketika WFH adalah koneksi internet cepat. Adanya koneksi internet yang memadai akan memudahkan para pekerja dari rumah untuk mengakses hal-hal yang dibutuhkan ketika bekerja. Internet cepat juga akan memberikan kesan bekerja dari rumah menjadi sangat efisien.

4. Memilih Provider Internet Terbaik

Dewasa ini memilih provider menjadi hal yang sangat penting. Terutama provider untuk internet rumah. Salah satu provider internet di Indonesia yang sangat direkomendasikan adalah MNC Play. Provider ini menawarkan koneksi internet super cepat yang sangat baik untuk menunjang Work From Home.

Selain internet cepat, MNC Play juga dilengkapi dengan layang TV Kabel HD dengan menampilkan beragam tayangan-tayangan dari TV Nasional hingga channel premium. Nonton film atau tayangan lainnya kini menjadi lebih mudah dan simpel karena layanan MNC Play bisa dinikmati multiscreen hingga 3 gadget sekaligus.

Demikian informasi seputar internet yang kini menjadi bagian dari kebutuhan pokok khususnya dalam masa Pandemi Covid-19 saat ini. Jika teman-teman ada pengalaman unik selama menjalani kerja dari rumah ini, silahkan comment di kolom komentar yah!

Leave a Reply