You are here
Home > Bisnis > Ekonomi > Jangan Abaikan Tanda Keuangan Keluarga Anda Bermasalah

Jangan Abaikan Tanda Keuangan Keluarga Anda Bermasalah

Setiap orang mendambakan punya keluarga yang bahagia. Dan kebahagiaan ini sangat ditentukan oleh kondisi keuangan meskipun ini bukan faktor utamanya. Maka dari itu, menjadi sebuah keharusan di mana setiap keluarga sebaiknya belajar mengenai cara dan tips perencanaan keuangan.

Bisa saja Anda yakin sudah mengetahui serta menerapkan perencanaan keuangan keluarga yang sangat baik. Namun, apakah Anda punya tolok ukurnya yang pasti?

Keuangan Keluarga Bermasalah
(sumber: Flapdaddy.com)

Setidaknya hal-hal berikut ini menjadi patokan. Berikut ini beberapa hal yang menjadi warning bahwa ada yang salah dengan perencanaan keuangan Anda dan harus segera dilakukan perbaikan.

Selalu Mengalami Kondisi Sulit Setiap Bulan

Salah satu tujuan dari merencanaan keuangan adalah agar kondisi ekonomi keluarga lancar. Bukan berarti pendapatan sebuah keluarga tinggi. Tidak seperti itu. Dikatakan kondisi keuangan keluarga bagus ketika kebutuhan bisa terpenuhi dengan sangat baik.

Mengalami Kondisi Sulit Setiap Bulan
(sumber: Financial Tipsor)

Akan tetapi, jika hampir setiap bulan selalu ada kondisi darurat, ini pertanda kurang baik. Setidaknya ini menjadi tanda bahwa ada yang salah dengan perecanaan keuangan keluarga Anda. Biasanya, ini terjadi saat akhir bulan. Apakah Anda sering kekurangan uang di akhir bulan dan harus menunggu awal bulan?

Terbebani Dengan Tagihan

Sebenarnya tidak salah jika Anda mengajukan kredit. Bisa saja Anda butuh rumah atau kendaraan. Karena Anda tidak punya uang cash, Anda mengajukan kredit.

Terbebani dengan Tagihan
(sumber: Manchester Evening News)

Namun, kredit harus diperhitungkan. Harus ada balance dengan kemampuan Anda membayar tagihan. Makanya, pihak bank sebenarnya sudah punya patokan berapa jumlah tagihan yang harus dikenakan setiap kreditur. Sayangnya, ini sering diabaikan.

Mengapa itu dilakukan? Tidak lagi agar kedua belah pihak diuntungkan. Anda bisa mengangsur dengan mudah. Dan bank juga bisa mendapatkan cashflow dari perputaran uang. Jika hal remeh ini tidak dipatuhi, maka Anda pun yang terkena imbasnya. Anda selalu merasa keberatan ketika harus membayar tagihan. Dan ini merupakan tanda bahwa ada salah dengan perecanaan keuangan keluarga Anda. Maka dari itu, setiap orang yang punya keluarga harus tahu mengenai cara perencanaan keuangan keluarga. Anehnya, banyak yang menyepelekan hal ini.

Temukan solusi dari masalah keuangan sekaligus cara mengelola sekaligus tips perencanaan keuangan di Duitologi.com sehingga masalah di atas tidak terjadi dan Anda lebih bijak menggunakan keuangan keluarga.

Leave a Reply