You are here
Home > Otomotif > Jangan Salah Pilih, Berikut Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas!

Jangan Salah Pilih, Berikut Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas!

Mobil bekas memang dijual dengan harga yang jauh lebih murah. Meskipun demikian, Anda harus tetap teliti saat membeli mobil bekas agar tidak mengalami kerugian. Alih-alih mendapatkan mobil dengan harga yang murah, Anda justru bisa mengeluarkan lebih banyak biaya jika mobil membutuhkan banyak perawatan pasca pembelian.

Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas

Sampai saat ini, peminat mobil bekas memang masih tinggi walau produsen mobil terus berlomba-lomba mengeluarkan beragam jenis mobil baru. Umumnya, orang-orang lebih memilih untuk membeli mobil bekas karena beberapa alasan, seperti:

  • Harga mobil bekas jauh lebih terjangkau daripada mobil baru.
  • Mobil bekas bisa langsung digunakan. Berbeda dengan mobil baru yang masih perlu mengurus surat-surat kendaraan dengan proses yang panjang. Bahkan beberapa orang harus inden terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan mobil baru yang mereka inginkan.
  • Senang bergonta-ganti mobil.
  • Untuk digunakan sebagai armada bisnis sewa rental mobil pemula

Nah, jika Anda saat ini juga sedang mencari mobil bekas untuk digunakan, artikel ini bisa membantu. Agar bisa mendapat mobil bekas dengan harga yang murah serta memiliki performa yang baik, Anda bisa mengikuti tips berikut ini.

Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas

1. Cari tempat jual beli mobil bekas terpercaya

Agar terhindar dari penipuan, Anda harus membeli mobil bekas di tempat terpercaya. Anda bisa melakukan survey secara langsung dengan mengunjungi dealer mobil tersebut atau mencari testimoni pelanggan secara online.

tempat jual beli mobil bekas
Gambari: Bisnis Dot Com

Selain itu, saat ini mobil bekas juga dijual melalui kegiatan lelang mobil online. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan mobil dengan harga terjangkau dari kegiatan lelang, maka Anda juga harus memastikan bahwa kegiatan lelang tersebut dilakukan oleh balai lelang resmi dan terpercaya. Anda juga harus membaca informasi lelang mobil dengan cermat dan teliti agar terhindar dari penipuan berkedok lelang online.

2. Cari mobil bekas yang sesuai kebutuhan

Saat ini ada beragam jenis mobil yang bisa Anda beli. Jadi, Anda harus memilih mobil bekas yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan dana yang tersedia. Oleh karena itu, pelajari spesifikasi mobil seperti performa mesin, jumlah kapasitas penumpang, dan lain-lain. Selain itu, jangan lupa untuk mencari informasi terkait kisaran harga mobil bekas yang sedang Anda incar.

3. Cek sejarah pemakaian mobil bekas

Karena mobil bekas sudah digunakan oleh pemilik sebelumnya, ada baiknya jika Anda juga memeriksa sejarah pemakaian mobil yang akan dibeli. Tanyakan kepada pemilik mobil sebelumnya apakah mobil bekas yang mereka jual mendapatkan perawatan atau servis secara rutin. Hal ini perlu Anda ketahui karena mobil yang mendapatkan perawatan dengan benar pada umumnya memiliki performa yang masih baik.

Anda juga bisa menanyakan total kilometer jarak tempuh kendaraan. Biasanya mobil yang memiliki total jarak tempuh yang tinggi akan ditawarkan dengan harga jual yang lebih murah. Selanjutnya, jika Anda menemukan bahwa mobil bekas yang ditawarkan memiliki riwayat yang buruk seperti pernah mengalami kecelakan serta tidak mendapatkan perawatan rutin, maka sebaiknya Anda mencari opsi mobil bekas yang lain.

Selain itu, mobil bekas terkena banjir juga harus dihindari karena pada umumnya akan terdapat beragam kerusakan. Contohnya seperti alat elektronik yang bermasalah, adanya endapan lumpur di sudut-sudut interior, terdapat campuran air di dalam oli mesin, bogy mobil memiliki banyak karat, dan lain-lain. Jadi, jika pemilik mobil bekas sebelumnya tinggal di daerah rawan banjir, maka Anda harus lebih cermat saat memeriksa kondisi mobil.

4. Cek interior dan eksterior mobil

Hal selanjutnya yang perlu Anda cek adalah kondisi interior dan eksterior mobil. Anda harus memastikan bahwa mobil bekas yang akan dibeli tidak memiliki kerusakan parah. Pemeriksaan ini berlaku baik untuk mobil bekas pemakaian pribadi ataupun mobil perusahaan.

interior mobil bekas
Gambar: Garasi ID

Beberapa hal yang wajib Anda periksa seperti kondisi body mobil, dashboard, suspensi, ban, mesin, dan lain-lain. Jika Anda tidak terlalu mahir dalam melakukan pemeriksaan kondisi mobil secara menyeluruh, sebaiknya Anda meminta bantuan dari orang yang sudah berpengalaman agar tidak mengalami kerugian.

5. Cek kelengkapan surat-surat

Kelengkapan surat-surat mobil juga menjadi hal penting yang wajib Anda periksa. Pastikan saat membeli mobil bekas, Anda mendapatkan BPKB beserta STNK. Selain itu, cek juga keaslian dokumen tersebut, jangan sampai Anda membeli mobil bekas hasil curian dengan kelengkapan berupa surat-surat palsu.

stnk dan bpkp mobil bekas

Untuk mempermudah proses balik nama, sebaiknya beli mobil dengan BPKB dan STNK yang menggunakan nama asli pemiliknya.

6. Jangan lupa lakukan test drive

Jika Anda sudah menemukan mobil yang akan dibeli, pastikan untuk melakukan test drive terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda dapat menilai apakah mobil bekas tersebut masih memiliki performa yang baik setya layak untuk digunakan.

Test drive mobil

Untuk memastikannya maka pada saat test drive, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Beberapa diantaranya seperti laju kendaraan, tarikan gas, kondisi rem, transmisi, hingga kaki atau per mobil. Selain itu, Anda juga bisa melakukan test drive pada berbagai kondisi jalan dan kecepatan. Dengan demikian, Anda dapat lebih memahami kondisi mobil yang sebenarnya.

Beberapa tips di atas bisa Anda coba lakukan untuk menemukan mobil bekas yang berkualitas. Dengan demikian, Anda bisa memperoleh mobil dengan harga yang terjangkau dan masih layak untuk digunakan.

Leave a Reply