You are here
Home > Properti > Jenis-Jenis Pipa Air Beserta Fungsinya

Jenis-Jenis Pipa Air Beserta Fungsinya

Sebagian orang banyak yang menyebut pipa air dengan sebutan paralon atau selang, baik itu pipa, paralon ataupun selang sama-sama berfungsi untuk mengalirkan air dari satu tempat ke tempat lain, terutama di alirkan ke rumah-rumah yang memerlukan air bersih. Maka dengan adanya pemasangan pipa air diharapkan bisa mempermudah untuk mendapatkan akses air bersih, yang digunakan untuk minum, mandi, sehingga anda tidak perlu repot-repot lagi pergi ke sungai atau pergi ke tempat sumber air.

Sebelum adanya pipa-pipa air seperti sekarang yang umumnya terbuat dari bahan plastik, dulu masih menggunakan pipa besi, penggunaan pipa besi di zaman sekarang sudah jarang digunakan, sebab penggunaan pipa besi tidak semudah menggunakan pipa-pipa dari bahan plastik.

Selain itu pipa besi lebih cepat berkarat, pipa besi yang sudah berkarat biasanya bisa mempegaruhi kualitas air, airnya bau besi, warna airnya berubah, dll.

Jenis dan Fungsi Pipa Air
Jenis dan Fungsi Pipa Air

Berbeda dengan pipa-pipa yang banyak digunakan saat ini yaitu menggunakan pipa-pipa air yang terbuat dari plastik atau bisa disebut dengan ThermoPlastik, pipa jenis ini lentur sehingga mudah diatur. Selain itu pipa jenis ini tidak akan berkarat, berbeda dengan pipa besi yang rentan berkarat, bobotnya lebih ringan sehingga mudah untuk dibawa tanpa harus menggunakan alat bantu.

Proses penyambungannya pun relatif lebih mudah dibandingkan dengan pipa besi. Lebih tahan lama, dan yang paling penting dari pipa air Thermoplastik ini adalah harganya lebih murah dibandingkan dengan pipa besi. Lebih tahan lama, dan yang paling penting dari pipa air Thermoplastik ini adalah harganya lebih murah dibandingkan dengan pipa besi. Namun pastikan Anda mengetahui cara jitu merawat pipa air dan jenis pipa lainnya dari masalah mampet, mudah bocor, dan kerusakan lainnya sehingga pipa air bisa tahan lama.

Ada beberapa jenis pipa air yang bisa disesuaikan dengan berbagai kebutuhan, diantaranya :

Pipa Air Untuk Saluran Air Limbah

Pipa Air Rucika Standard untuk Saluran Air Limbah
Pipa Air Rucika Standard untuk Saluran Air Limbah

Pipa yang digunakan untuk saluran air limbah umumnya berasal dari toilet atau bekas mandi, atau bekas mencuci, pipa yang digunakan untuk saluran air limbah bisanya lebih tebal, lebih kuat, diameternya pun lebih besar, bahkan dari segi waranya saja pipa saluran air limbah umumnya berwarna coklat atau abu tua.

Pipa Air Untuk Saluran Air Bersih

Pipa Air Rucika JIS untuk Instalasi Saluran Air Bersih
Pipa Air Rucika JIS untuk Instalasi Saluran Air Bersih

Sedangkan pipa air yang digunakan untuk saluran air bersih biasanya diameter pipa nya lebih kecil, lebih lentur, Lebih tipis dibandingkan dengan pipa untuk saluran air limbah. Saluran air bersih ini digunakan untuk kebutuhan minum, makan, dan keperluan-keperluan lainnya.

Itulah beberapa jenis pipa air berdasarkan kegunaannya, jadi sebelum anda membeli pipa air, sebaiknya anda pastikan dulu pipa mana yang anda butuhkan, jangan sampai anda salah pilih. Pilihlah pipa air yang kualitasnya bagus, dan pipa air sudah bisa anda jumpai di toko-toko bangunan terdekat.

Leave a Reply