You are here
Home > Properti > Joglo, Rumah Adat Jawa Tengah Beserta Filosofi nya

Joglo, Rumah Adat Jawa Tengah Beserta Filosofi nya

Di Indonesia Adat istiadat masih dipegang penuh oleh masyarakat. Biasanya hal itu terlihat dari berbagai keragaman dan juga kebudayaan. Pasalnya, Indonesia sendiri merupakan salah satu negara terbesar dengan jumlah penduduk yang begitu padat. Maka tak heran, jika di Indonesia banyak suku, budaya hingga kebiasaan lama yang masih dianut dan diikuti. Kisah kisah nenek moyang, hingga larangan larangan yang belum tentu kebenarannya masih aktif diikuti oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Hal itupun tak terlepas dari Adat dan juga budaya, seperti halnya Rumah Adat Jawa tengah.

Jawa tengah sendiri bisa dibilang sebagai jantung dari pulau Jawa. Bagaimana tidak, ada banyak keragaman hingga budaya yang masih aktif dilakukan hingga sekarang. Salah satunya adalah peninggalan rumah Adat Jawa tengah yang sangat menarik untuk dikaji.

Filosofi Joglo, Rumah Adat Jawa Tengah

Di Jawa tengah sendiri, Rumah Adat merupakan salah satu peninggalan dan juga tempat wisata yang tak lekang oleh waktu. Memiliki desain hingga infrastruktur unik dan menarik, menjadi minat utama mengunjungi daerah ini.

Pasalnya, rumah Adat Jawa tengah selain bertemakan kuno dan sederhana, tempat ini juga memberi ketenangan. Nuansa rapih dan sejuk menjadi faktor utama rumah Adat Jawa tengah masih ada sampai sekarang. Satu contoh rumah Adat Jawa tengah yang masih menjadi sorotan adalah Joglo.

Filosofi Rumah Adat Jawa Tengah Joglo

Didesain khusus dengan bangunan kokoh dan estetik, rumah Adat Jawa tengah yang satu ini begitu khas dengan kesederhanaanya. Memiliki nilai seni yang sangat tinggi menjadi keutaman bangunan ini. Empat pilar utama sebagai penyangga melambangkan bangunan bangunan khas Jawa yang tak lekang oleh waktu.

Yang menarik adalah empat pilar utama didalam rumah Adat ini melambangkan semua arah mata angin yaitu barat, utara, selatan, dan juga timur. Filosofi bangunan khas Jawa tengah yang hanya terdapat di negara kesatuan republik Indonesia.

Sementara itu jika dibedah, rumah Adat Jawa tengah yang satu ini memiliki berbagai macam jenis bangunan induk lainnya. Keseluruhan bangunan induk tersebut teridiri dari pringgitan, omah dalem dan juga pendhopo. Dari keseluruhan bangunan induk tersebut memiliki banyak keunikan yang menarik untuk dikaji. Maka tak heran rumah Adat Jawa tengah Joglo masih eksis sampai sekarang.

Status Sosial

Sama seperti rumah Adat pada umumnya, Joglo sebagai rumah Adat Jawa tengah memiliki tingkat status sosial sebagai acuan hingga takaran tingkat ekonomi seseorang. Biasanya rumah Adat Joglo sendiri dihuni oleh orang orang dengan status ekonomi atas dan juga menengah.

Meskipun terlihat sederhana ternyata rumah Adat Jawa tengah yang satu ini dihuni oleh masyarakat kalangan atas dan menengah. Sebab, Bahan atau material membuat satu rumah Adat Joglo memerlukan waktu dan biaya yang melimpah. Tak heran jika rumah ini dihuni oleh masyarakat kalangan atas dan menengah.

Bahkan, dahulunya rumah Adat Jawa tengah Joglo hanya mampu dibangun dan dihuni oleh para priyayi dan juga para bangsawan. Maka tak heran, jika rumah Adat Jawa tengah yang satu ini memiliki nilai seni serta infrastruktur tingkat tinggi yang hanya mampu dihuni oleh masyarakat kalangan atas.

Berbagai macam keragaman dan kebudayaan di Indonesia tak boleh dilupakan. Meskipun tenggelam oleh waktu dan terkikis oleh zaman, kebudayaan tetap lah kebudayaan, keragaman tetaplah keragaman. Kita hanya perlu merawatnya dan juga tetap terus melestarikan nya.

Leave a Reply