You are here
Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Kenali Gejala Demam dan Cara Penanganannya

Kenali Gejala Demam dan Cara Penanganannya

Orang yang sehat normalnya memiliki suhu tubuh sekitar 36,1 derajat celsius hingga 37,2 derajat celcius. Apabila suhu melampaui batas tersebut maka bisa jadi seseorang mengalami gejala demam. Anda perlu berhati-hati, biasanya gejala demam karena bisa mengindikasikan ada yang tidak beres di dalam tubuh. Kenali gejala demam dan bagaimana cara penanganannya agar tubuh bisa segera kembali sehat.

Kenali Gejala Demam dan Cara Penanganannya

Beberapa Jenis Demam

Sebenarnya demam memiliki beberapa jenis tergantung dengan karakteristik demam tersebut. Ada demam biasa, namun ada juga demam yang berbahaya tergantung kondisi atau masalah yang terjadi. ini adalah beberapa jenis demam yang perlu diketahui:

1. Demam Persisten

Jenis demam yang satu ini terjadi secara berkepanjangan hingga mencapai 14 hari. Umumnya demam biasanya terjadi hingga 3 hari saja. Demam resistant memiliki kisaran suhu tubuh sekitar 38 derajat celcius. Seseorang bisa mengalami demam seperti ini apabila mengalami penyakit kronis seperti penyakit paru-paru atau bahkan bronkitis.

2. Demam Konstan

Jenis demam berikutnya disebut dengan demam konstan atau yang terjadi secara terus-menerus selama 24 jam. Demam seperti ini bisa saja dikarenakan flu sama batuk atau bahkan alergi. Seseorang yang mengalami demam seperti ini perlu segera mendapatkan penanganan agar dapat diturunkan hingga ke suhu normal.

3. Demam Remiten

Jenis demam berikutnya disebut dengan demam remiten yang suhunya tidak dapat kembali. Bahkan terkadang tubuh mengalami perubahan suhu yang fluktuatif. Penyebab dari seseorang mengalami demam remiten adalah karena beberapa jenis penyakit seperti endokarditis dan sejenisnya.

Tubuh Demam

4. Demam Intermiten

Disebut dengan demam intermiten karena suhu tubuh bisa saja naik secara tiba-tiba dan kemudian kembali normal secara tiba-tiba. Kondisi ini biasanya terjadi karena seseorang mengalami penyakit seperti sepsis, malaria, kala Azar dan yang lainnya.

5. Demam Pel-Ebstein

Demam yang satu ini terjadi secara tiba-tiba dan bahkan stabil hingga berapa minggu. Pada saat tertentu suhu tubuh kembali normal dan kemudian bertahan kembali namun terus berulang. Demam seperti ini bisa disebabkan karena berbagai macam penyakit namun masih dalam penelitian lebih lanjut.

6. Demam Hiperpireksia

Seseorang yang memiliki suhu tubuh mencapai lebih dari 41 derajat celsius disebut sebagai demam hiperpireksia. Demam ini sangatlah berbahaya karena mengindikasikan adanya penyakit kronis. Penyakit ini biasanya disertai dengan denyut jantung yang cepat, kejang serta hilang kesadaran atau bahkan koma.

Seseorang bisa mengalami suhu tubuh yang sangat tinggi seperti ini ke akibat penyakit kronis seperti kanker, infeksi atau bahkan keracunan. Penyakit ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan seseorang mengalami kematian. Perlu dilakukan penanganan yang cepat dan tepat agar terhindar dari kerusakan organ akibat suhu tubuh yang terlalu tinggi.

Cara Menangani Demam

Apabila demam yang terjadi merupakan demam biasa, bisa jadi Anda mengalami masuk angin. Jika demikian, untuk mengatasi masuk angin karena demam, ini dapat ditangani sendiri. Tubuh mengalami peningkatan suhu biasanya karena ada zat pertahanan tubuh dalam melawan kuman, bakteri, dan virus.

Jika kamu mengalami demam akibat penyakit seperti flu dan batuk maka bisa diatasi dengan memperbanyak minum air putih. Sangat dianjurkan untuk minum sebanyak 8 gelas setiap hari dan juga mengkonsumsi jus sehat serta air oralit apabila disertai dengan banyak keluar keringat.

Anda juga bisa mengkonsumsi minuman yang sehat dan terbuat dari bahan herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Semakin baik daya tahan tubuh maka pertahanan diri terhadap kuman, bakteri, dan virus juga akan semakin baik.

Minum Tolak Angin

Tolak Angin menjadi salah satu obat herbal alami berkhasiat. Minum 2 sachet setiap harinya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Orang pintar pasti minum Tolak Angin karena telah teruji secara ilmiah yaitu sudah melalui tahap uji toksisitas dan uji khasiat.

Kandungan daun mint, kayu ules, daun cengkeh, madu, adas, dan jahe dalam Tolak Angin dapat mengatasi gejala masuk angin seperti meriang, kedinginan, sakit perut, kembung, mual, kelelahan, batuk dan tenggorokan kering. Tolak Angin kini dapat dibeli  online via www.sidomunculstore.com dan Official Store Sido Muncul di Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, Lazada dan JD.id.

Leave a Reply