You are here
Home > Gaya Hidup > Asuransi dan Perencanaan Keuangan > Kenapa Perencanaan dan Mengatur Keuangan Itu Penting?

Kenapa Perencanaan dan Mengatur Keuangan Itu Penting?

Newsmast.com, Ekonomi – Banyak pertanyaan kenapa perencanaan keuangan dan mengatur keuangan itu penting? Bagaimana tips perencanaan keuangan yang efektif? Urusan soal ekonomi yang menyangkut uang ini sering kali menjadi sumber sebuah masalah yang resikonya sangat amat besar bagi kehidupan seseorang. Hampir semua aktivitas yang dilakukan tentunya membutuhkan uang, bahkan orang rela kerja keras banting tulang hanya untuk mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Ada banyak pendapat yang berseliweran di media online, bahwa tingginya penghasilan ini akan membuat gaya hidup makin tinggi dan ini cenderung membuat hidup makin konsumtif. Oleh karena itu mengatur, mengelola perencanaan keuangan ini sangatlah penting, kenapa? Ini dia beberapa alasannya:

1. Bantu untuk Hidup Teratur

Masalah keuangan akan terlihat karena kebiasaan buruk yang tidak teratur dalam membelanjakan uang. Mendapat uang bukan perihal hal yang mudah, karena Anda harus bekerja keras untuk bisa mendapatkannya. Jadi, dengan membuat perencanaan keuangan ini akan membuat flow keuangan menjadi teratur sekaligus hidup juga ikut teratur.

Perencanaan dan Mengelola Keuangan
Perencanaan dan Mengelola Keuangan

2. Belajar untuk Hidup Hemat

Hidup hemat sangatlah tidak mudah diimplementasikan dalam kehidupan, namun itu bisa terwujud asalkan Anda bisa pantai membuat perencanaan keuangan dan mengelola flow keuangan. Hemat disini bukan tidak mengeluarkan uang sama sekali yah, tapi tetap mengeluarkan uang untuk kebutuhan yang memang dibutuhkan.

Oleh karena itu, Anda harus bisa membedakan antara kebutuhan yang harus dipenuhi dan kebutuhan yang hanya didasari hanya berdasarkan nafsu atau keinginan semata. Hal ini akan memudahkan dalam menentukan mana yang terpenting sehingga akan terbiasa hidup hemat dan juga efisien.

Membedakan kebutuhan dan keinginan kamu adalah hal yang penting, supaya kamu bisa menentukan mana yang harus kamu lakukan sekarang dan yang mana yang bisa kamu tunda. Dengan pandai mengatur uang, kamu akan terbiasa untuk hidup hemat dan efisien.

3. Hidup Selalu Tenang

Ketika tidak memiliki uang, aktivitas Anda akan terbatas dan ini akan membuat hidup tidak tenang. Kenapa demikian? Karena terkadang, ada pengeluaran dadakan atau tidak terduga yang mau tidak mau harus Anda keluarkan dan itu tentu membutuhkan uang. Oleh karena itu adanya perencanaan keuangan yang tepat dan benar ini akan membantu Anda dalam kesulitan sehingga hiduppun akan menjadi tenang.

4. Membelanjakan Uang Jadi Lebih Leluasa

Pernah takut ketika belanja, uang akan cepat habis? Tentu semua orang akan mengalami hal yang sama. Namun ketika membuat perencanaan keuangan yang baik, Anda bisa belanja dengan leluasa tapi tetap memperhatikan rencana keuangan yang telah dibuat sehingga tidak berlebihan dan belanja seperlunya.

5. Pelatihan untuk Belajar Menabung

Uang gaji bulanan hanya sekedar lewat saja? Tentu tidak ada yang mau yah kondisi seperti ini. Oleh karena itu, menyisihkan gaji bulanan untuk menabung adalah jawabannya. Tapi balik lagi, menabung ini tidak semua orang bisa melakukannya dengan rutin. Perlu catatan pengeluaran bulanan yang jelas, sehingga Anda bisa tahu berapa porsi atau jumlah uang yang harus ditabung.

6. Tambah Aset dengan Coba Berinvestasi

Mau menaambah aset untuk menjamin masa depan? Tentunya Anda harus berani ambil resiko untuk berinvestasi. Namun sebelum investasi, Anda harus punya uang yang dialokasikan dari pengeluaran bulanan untuk diinvestasikan. Modal investasi, mungkin bisa diambil sedikit-sedikit dari uang tabungan Anda dan bisa mengatur uangmu dengan baik.

Artikel ini penulis dapatkan karena sering membaca portal info dan tips seputar perencanaan keuangan di Indonesia yang kini tengah berkembang sukup pesat. Semoga artikel yang membahas alasan kenapa Anda perlu perencanaan dan mengatur keuangan bisa bermanfaat.

One thought on “Kenapa Perencanaan dan Mengatur Keuangan Itu Penting?

Leave a Reply