You are here
Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Langkah Mudah Pencegahan Virus Corona Pada Bayi

Langkah Mudah Pencegahan Virus Corona Pada Bayi

Bayi merupakan salah satu kelompok yang rentan terkena virus coronaHal tersebut karena bayi mempunyai daya tahan tubuh yang belum terlalu sempurna sehingga akan lebih mudah untuk virus dapat menyerang bayi. Oleh karena itulah bagi Anda yang masih mempunyai bayi tentu saja akan merasa khawatir yang berlebihan mengenai kesehatan bayi. Akan tetapi hal tersebut tentu saja tidak perlu terlalu dikhawatirkan secara berlebihan.

Langkah Mudah Pencegahan Virus Corona Pada Bayi
Gambar: Dok. HaloDoc

Sebagai orangtua bisa untuk melakukan berbagai langkah pencegahan agar bayi tidak tertular virus covid-19. Seperti misalnya dengan membaca perkembangan virus ini yang bisa dilihat di Halodoc dan juga melakukan konsultasi lewat Halodoc untuk pencegahan penularan virus covid-19 pada bayi. Misalnya saja untuk beberapa cara yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut ini:

1. Memberikan ASI

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memberikannya ASI. Air Susu Ibu merupakan jenis minuman yang paling efektif untuk diberikan pada bayi untuk dapat membuat daya tahannya lebih baik. Ibu bisa untuk memberikan ASI secara rutin dan juga dalam jumlah banyak selama masa penyebaran virus covid-19.

breast milk
Gambar: Dok. Freepik/Demkat

Hal tersebut karena kandungan dari ASI sendiri sangat baik yaitu mengandung banyak nutrisi sehingga dapat untuk membuat sistem kekebalan tubuh bayi lebih baik dan dapat untuk membuatnya terlindungi dari infeksi dan penyakit, termasuk juga virus covid-19.

2. Tetap di rumah

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan oleh orangtua agar bayinya terhindar dari penularan virus corona adalah dengan tetap di rumah. Hal ini merupakan langkah yang sangat efektif untuk menghindari penularan virus pada bayi.

Tetap di Rumah
Gambar: Dok. Freepik/formatoriginal

Salah satu cara untuk menghindari penularan virus covid-19 memang dengan melakukan isolasi sehingga tidak keluar di rumah dan menghindari tempat yang ramai. Sehingga dengan berada di rumah saja akan membuat bayi tetap sehat dan aman dari ancaman virus covid-19. Mencuci tangan

Hal lainnya yang perlu diperhatikan agar dapat mencegah penularan virus pada bayi adalah dengan mencuci tangan. Biasakan untuk orangtua, kakek, nenek, adik, dan juga keluarga lainnya untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Anda sebaiknya juga tidak sembarangan untuk membolehkan bayi Anda dipegang oleh orang lain.

Akan lebih baik untuk orang yang boleh menyentuh bayi adalah anggota keluarga saja dan pastikan juga sudah mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu sebelum menyentuh bayi. Sehingga dengan langkah pencegahan ini dapat untuk meminimalisir resiko penularan covid-19 pada bayi.

3. Menerapkan etika batuk dan bersin

Menerapkan etika batuk dan bersin
Gambar: Dok. Freepik/Ake1150sb

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah dengan menerapkan etika batuk dan juga bersin. Dimana ketika di dekat bayi maka pastikan Anda untuk menerapkan etika ketika batuk dan bersin yang tepat. Dimana cara tersebut adalah dengan menutup mulut dan juga hidung, sehingga hal tersebut akan membuat cairan tidak keluar yang dapat menjadi resiko penularan virus covid-19. Selain cara ini Anda juga bisa menggunakan tisu dan segera cuci tangan setelah batuk dan bersin sebelum akan menyentuh bayi.

4. Menggunakan masker

Ibu Memakai Masker ketika Sakit
Gambar: Dok. Freepik/skawee

Langkah terakhir yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan virus corona pada bayi adalah dengan menggunakan masker. Hal ini sangat penting karena masker dipercaya dapat untuk mencegah penularan covid-19. Sehingga misalnya ketika ibu sedang sakit maka sebaiknya menggunakan masker ketika berada di sekitar bayi. Akan lebih baik juga untuk menghindari kontak dengan bayi selama sakit karena hal tersebut akan membuat bayi lebih mudah sakit. Sehingga bisa menunggu hingga sembuh agar dapat bersama bayi kembali.

Leave a Reply