You are here
Home > Berita > Pendidikan > Manfaat Mengenal Asmaul Husna dan Artinya

Manfaat Mengenal Asmaul Husna dan Artinya

Asmaul Husna seperti yang kita ketahui merupakan nama-nama baik atau sifat-sifat baik yang terkandung di dalam Alquran dan dimiliki oleh Allah SWT. Jumlah dari nama-nama baik tersebut berjumlah 99 nama dengan arti atau makna yang berbeda dari setiap nama atau sifat-sifat baik tersebut seperti yang terdapat pada ayat Alquran berikut :

            اَللّٰهُ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ‌ؕ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى

Artinya : “Tidak ada Tuhan melainkan Allah, Dialaha Allah yang memiliki Asmaul Husna yaitu nama-nama terbaik” (QS.Thaha : 8)

Manfaat Mengenal Asmaul Husna dan Artinya
Kaligrafi Asmaul Husna (Gambar: webmuslimah.com)

Apakah kamu sebagai umat muslim sudah mengetahui atau bahkan menghafalkan dan melafalkan 99 nama-nama baik tersebut ? Jika belum mari mulai dari sekarang kita membiasakan diri untuk rajin melafalkan bahkan sampai kita bisa menghafalkan 99 nama-nama tersebut. Karena ternyata terdapat banyak sekalai manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita melafalkan dan menghapalkan 99 nama didalam Asmaul Husna dan artinya tersebut.

Kira-kira apa saja ya manfaat yang bis akita dapatkan jika kita rutin membaca Asmaul Husna tersebut, berikut ini adalah diantaranya :

  • Hanya Takut dan Tunduk kepada Allah, yang artinya siapapun yang mempercayai dan mengimani apapun yang bersumber dari Allah baik itu berupa perintah maupun larangan dari Allah maka Ia akan selalu mengingat Allah di setiap langkahnya, apapun yang hendak Ia lakukan semuanya semata-mata hanya untuk memperoleh keridhoan dari Allah SWT. Orang-orang yang selalu mengingat Allah senantiasa selalu berfikir dan merasa diawasi oleh Allah dimanapun dan kapanpun itulah mengapa bagi orang-orang yang mengimani Allah SWT Ia tidak akan terfikir untuk berbuat dosa karena Ia selalu meyakini bahwa Allah tidak pernah meninggalkan Ia seorang diri. Hal tersebut pasti akan terasa menakutkan bagi orang-orang yang tidak beriman karena selalu merasa diawasi tetapi bagi orang yang beriman hal tersebut akan terasa tenang karena Ia sadar bahwa Ia tidak pernah benar-benar sendirian di dunia ini.
  • Hati yang Tenang, seprti yang kita ketahui sebelumnya bahwa Allah menjanjikan sebuah ketenangan hati bagi sipapun umatnya yang selalu mengingat Allah di setiap langkahnya. Salah satu orang yang bisa mendapatkan ketenangan hati yaitu adalag orang yang sering berdzikir dan juga mengamalkan dan meyakini sifat-sifat baik Allah yang ada di dalam Asmaul Husna. Ketenangan hati akan bis akita rasakan jika kiya meyakini bahwa semuanya telah diatur oleh Allah dengan sebaik mungkin, bahkan ketika mungkin terlihat mendapat musibah padahal dibalik musibah tersebut pasti selalu ada hikmahnya dan hal itu hanya bisa dirasakan ketika kita merasa hati kita tenang dan meyakini bahwa segala sesuatunya itu datang dari Allah.
  • Hidupnya Hanya Untuk Beribadah, jika kita sebagai manusia sudah benar-benar takut kepada Allah dan juga memiliki hati yang tenang dan juga prasangka yang baik kepada Allah maka hal yang akan kita lakukan untuk kedepannya hanyalah memfokuskan diri untuk berbibadah kepada Allah dan mengumpulkan tabungan pahala yang cukup untuk di akhirat kelak. Seperti yang terkandung jelas didalam Asmaul Husna dan Alquran yaitu tidak ada yang kayak disembah kecuali Allah SWT seorang, kalimat tersebut tentunya sudah cukup membuat kita yakin bahwa tujuan kita diberikan umur di dunia ini semata-mata hanya untuk beribadah dan menperoleh keridhoan dari Allah SWT agar ketika hidup di akhirat kelak kita dapat berkumpul di surgaNya Allah SWT.

3 hal diatas adalah beberapa manfaat yang bisa anda peroleh ketika kita meyakini sifa-sifat baik Alla seperti yang ada didalam Asmaul Husna. Semoga Allah senantiasa memberkahi kita dengan karunianya.

28 thoughts on “Manfaat Mengenal Asmaul Husna dan Artinya

    1. Sama-sama Mba.. ini juga pelajaran bagi saya kelak jika diberikan rezeki keturunan dari Allah Azza Wajalla

  1. Masya Allah manfaatnya sangat baik ya.

    Saya sudah mengetahui Asmaul Husna, tapi belum hafal semuanya. Dulu biasanya ikut menghafal bareng anak karena ada hafalannya dari sekolah. Kalau gak dibiasakan biasanya jadi lupa. Sekarang pun saya sudah lupa banyak 😀

    1. Maklum ko Mba, namanya manusia pasti ada khilaf dan salah. Insha Allah dengan mengenal dan mengetahui Asmaul Husna itu sudah cukup.. Apalagi bisa hafal dan diterapkan, pastinya Allah Azz Wajalla akan melipatgandakan pahala kita dan memberikan kemudahan dalam hidup

  2. MasyaAllah, betul sekali manfaat dari mengetahui asmaul husna merasa yakin bahwa kita tidak sendiri di dunia ini melainkan ada Tuhan sang Kholiq yang mengawasi kita selama di dunia.
    Kita hidup untuk ibadah seperti dalan surat 51:56

    1. Iyah mba, banyak sekali manfaatnya untuk kita bisa mengenal dan mengetahui tentang Asmaul Husna

  3. Wah benar nih mba, kalau kita rutin membaca asmaul Husna terasa benar hati jadi tenang dan manfaatnya bagi kita lebih taat kepada yang maha kuasa, memang mesti rutin nih kyaknya

    1. Asal paham akan artinya saja itu sudah Alhamdulillah Mba, apalagi bisa hafal dan diterapkan dalam kehidupan

  4. Aminn…semoga belajarnya dilancarkan ya kak, menjadi Umat Muslim yang taat. Semoga berkah dunia akhirat, aminn

  5. Dan yang pasti untuk muslim, membaca apalagi menghafal Asmaul Husna itu sebuah ibadah yang akan menghasilkan pahala jika ikhlas melakukannya…

    1. bukan hanya pahala Mba, tapi Insha Allah keberkahan dan ketenangan dalam hidup.
      terima kasih mba sudah membaca dan berkomentar di artikel ini

  6. Masya Allah kak aku sempet nyesel karena dari kecil ga kepikiran asmaul husna
    Alhamdulillah belom terlambat, aku bisa bareng anakku untuk menghafalnya sekarang

    1. Tidak ada kata terlambat mba, selama masih ada niat dan ikhtiar semuanya Insha Allah pasti ada kemudahan.
      Semangat mba

  7. Poin kedua sih yang paling ngena dan dibutuhin di saat pandemi gini, bisa menjalani hidup tenang tanpa cemas itu sebuah anugerah yg patut disyukuri. Thank u ka untuk ilmu di blog post ini ya 🙏

    1. Sama-sama kak. Semoga ini akan menjadi bahan renungan untuk kita semua untuk selalu bersyukur apa yang sudah Allah Azza Wajalla berikan.

    1. Iyah, sama kak.. semoga artikel ini akan selalu menjadi pengingat dengan kebesaran dan nama-nama Allah Azz Wajalla. Klo saya Al-Kahfi malah mba

    1. Iyah pasti nggak ada duanya Asmaul Husna punyanya Allah Azz Wajalla. Semoga namanya memberikan berkah untuk anak Mba dan keluarga, Aaamiiin

  8. Masyaallah, jadi reminder nih baca ini. Aku juga lagi belajar asmaul husna tapi kalah sama urusan duniawi. Huhu… Harus lebih konsisten lagi nih.

Leave a Reply