You are here
Home > Gaya Hidup > Pelajari Dulu Jenis Behel untuk Meratakan Gigi

Pelajari Dulu Jenis Behel untuk Meratakan Gigi

Sebenarnya, pemasangan behel atau kawat gigi bukan satu-satunya cara untuk meratakan gigi. Ada banyak sekali cara lain. Misalnya saja selalu mengkonsumsi buah-buahan yang keras. Ini bukan mitos. Dokter gigi pun menyarankan untuk mencoba cara yang satu ini jika ingin merapikan gigi. Ini cara alami untuk membuat gigi rata.

Jenis Behel untuk Meratakan Gigi
Foto : Kumparan

Akan tetapi, memang pemasangan behel untuk meratakan gigi tetap menjadi cara yang paling cepat. Karena metode inilah yang menekan gigi agar posisinya sesuai dengan yang diinginkan. Namun, apakah Anda tahu banyak sekali jenis behel yang ada sekarang ini? Jika Anda ingin meratakan gigi dengan alat seperti ini, sebaiknya Anda pelajari dulu jenis-jenis behel yang ada saat ini.

Macam-Macam Behel dari Segi Penggunaan

Berdasarkan penggunaan, behel dibagi menjadi dua. Yang pertama adalah behel permanen. Ini behel yang hanya bisa dipasang dan dilepas dengan bantuan dokter gigi. Ini yang paling sering diketahui oleh masyarakat.

Banyak sekali yang menganggap behel itu selalu permanen. Padahal tidak. Ada juga jenis behel kedua, yaitu behel yang bisa dilepas dengan mudah tanpa bantuan dokter gigi. Ini disebut juga dengan behel gigi lepas pasang.

Bagi mereka yang merasa tidak nyaman dengan penggunaan behel, mereka pasti lebih tertarik menggunakan behel gigi lepas pasang. Ini alat untuk meratakan gigi yang paling nyaman. Mereka bisa lepas behel saat ingin makan, misalnya. Sehingga makanan tidak menempel pada behel.

Namun, dilihat dari keefektifannya, sepertinya behel permanen yang paling bagus. Ini tergantung juga pada permasalahan pada gigi Anda. Seberapa berat yang harus dilakukan untuk meratakan gigi Anda.

Berbagai Jenis Behel Permanen

Behel permanen pun ada beberapa jenis. Setidaknya ada 4 jenis behel gigi permanen yang sering ditawarkan oleh dokter gigi.

Behel Gigi Metal

Jenis ini yang paling terkena. Banyak orang yang menggunkaan behel ini karena harganya yang tidak terlalu mahal. Setidaknya dibandingkan dengan behel jenis lain, ini yang paling murah.

Behel Gigi Metal
Foto : Hello Sehat

Namun, murah bukan berarti kualitasnya kurang bagus. Kawat yang digunakan sangat kuat sehingga mampu menarik gigi agar menjadi rata. Selain itu, kawat yang digunakan anti-karat. Jadi, Anda sebagai pemakai tidak perlu khawatir.

Behel Gigi Lingual

Beberapa orang malu jika memakai behel. Pria biasanya yang malu. Ada stigma bahwa behel itu untuk kecantikan. Hal ini membuat kebanyakan pria malu jika memakai behel.

Behel Gigi Lingual
Foto : www.castleknockorthodontics.ie

Namun, sekarang mereka tidak perlu malu lagi. Karena sudah ada behel yang tidak terlihat dari luar. Yaitu behel gigi lingual. Ini behel dipasang di gigi bagian belakang.

Behel Gigi Damon

Untuk meratakan gigi, Anda tidak hanya perlu dua kali saja untuk datang ke dokter gigi pada saat pemasangan dan pelepasan. Anda harus rutin kontrol di dokter gigi.

Behel Gigi Damon
Foto : Kompas Lifestyle

Namun, jika Anda tidak ingin repot harus sering ke dokter gigi, Anda bisa pilih behel gigi damon. Ini behel yang ada klip yang berperan untuk mengunci posisi behel. Jadi, behel tidak akan mudah lepas. Behel akan terus menekan gigi hingga ke posisi yang diinginkan.

Behel Gigi Elastis

Behel Gigi Elastis
Foto : Dictio Community

Jenis behel gigi permanen ini biasanya dipilih oleh anak muda. Tampil lebih trendi menjadi alasan utamanya. Dan memang ini kelebihan dari behel gigi elastis. Tampilannya cantik dengan warna yang mencolok dan begitu berbeda dengan warna gigi.

Nah, behel seperti apa yang Anda ingin pilih? Jika Anda ingin alat lain yang lebih mudah dan efektif untuk meratakan gigi, sekarang sudah ada produk clear aligner dari RATA.id. Cara kerjanya sama seperti behel. Hanya saja, produk clear aligner RATA.id ini terbuat dari plastik dan bisa dipasang dan dilepas dengan sangat mudah.

One thought on “Pelajari Dulu Jenis Behel untuk Meratakan Gigi

Leave a Reply