You are here
Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Perawatan Kebotakan Berpola dan Cara Penanganannya

Perawatan Kebotakan Berpola dan Cara Penanganannya

Masalah kebotakan berpola tentunya akan mengurangi rasa percaya diri. Dan lebih dari 50 % orang yang mengalami kebotakan merasa dirinya mengalami gejala penuaaan. Padahal kebotakan terjadi bukan hanya dialami pria yang berusia lanjut,tetapi bisa terjadi di usia remaja. Salah satu yang bisa menyebabkan kebotakan adalah faktor genetik. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk pencegahan dan perawatan kebotakan berpola, tetapi sebelumnya kamu harus tahu penyebabnya.

Kebotakan Pada Pria
(Foto: Freepik/@katemangostar)

Menemukan penyebab kebotakan

Apabila rambut kepala mengalami kebotakan pada bagian samping dan tengah, atau berpola letter M, mungkin akan berbeda cara penanganannya. Masalah kebotakan bisa juga terjadi akibat kekurangan zat protein, zat besi, masalah tiroid maupun asupan nutrisi. Tetapi lebih baiknya kamu konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli dermatologi, untuk lebih jelas masalah kebotakan.

Mengubah Pandangan

Untuk mencegah stress akibat kebotakan, ada beberapa kegiatan yang bisa kamu ikuti seperti rajin berolahraga. Kamu jangan mempunyai anggapan jika kebotakan adalah penuaan, tetapi anggaplah sebagai awal dari kedewasaan. Perawatan kebotakan berpola bisa saja terjadi karena rambut yang sulit tumbuh, karena adanya folikel pada pangkal rambut dan di bawah kulit kepala yang sulit tumbuh.

Memilih Makanan Yang Sehat

Konsumsilah makanan yang sehat, dengan mengurangi gula karena bisa meningkatkan hormone testosterone. Kamu bisa mengeluarkan racun-racun yang ada pada tubuh dengan cara diet sehat. Dan sebisa mungkin menghindari makanan yang mengandung sebum berlebih seperti jenis gorengan. Untuk meningkatkan cara kerja hormon, perbanyaklah mengkonsumsi makan buah dan sayur karena bisa menangkal radikal bebas. Salah satu cara perawatan kebotakan berpola bisa dengan memperbanyak konsumsi makanan seperti kuning telur, santan, biji kemiri dan lidah buaya.

Kekurangan  Hormon

Apabila kamu mengalami kerontokan rambut, atau ada beberapa bagian yang menipis harus segera diatasi. Karena selain masalah genetik dan hormon, rambut menipis juga bisa mengakibatkan kebotakan. Ini karena folikel rambut tidak bisa tumbuh dengan baik atau terjadi hambatan. Dan kebotakan yang disebabkan karena masalah hormon bisa saja terjadi pada siapapun, hal ini tidak bisa dihindari.

Mengalami Stress

Stress
(Foto. Freepik/@kues)

Hal yang bisa menyebabkan masalah kebotakan lainnya adalah stress, baik stress mental maupun stress fisik. Kebotakan yang berpola bisa jadi karena stress dan akan menghambat hormon bekerja. Biasanya para pria yang terlalu banyak stres karena bekerja akan mengalami kerontokan, jika masih seimbang antara yang rontok dan yang tumbuh berarti masih dianggap wajar. Tetapi kamu harus berhati-hati apabila sampai waktu yang cukup lama masih mengalami kerontokan, segera periksakan kepada ahlinya.

Memilih gaya rambut dan produk rambut

Setiap orang tentunya akan berbeda dalam pemilihan produk, tergantung jenis rambut, kulit kepala. Makanya semua orang tidak akan cocok dengan menggunakan produk yang sama juga. Karena apabila tidak cocok dengan pemakaian produk, akan menimbulkan masalah seperti ketombe. Dengan adanya masalah ketombe, tentunya akan menimbulkan gatal terus digaruk. Akibat digaruk bisa menimbulkan luka di kulit kepala, karena luka itu folikel rambut tidak akan bekerja  atau tumbuh dengan normal.

Pemakaian alat pengeriting

Akibat terlalu sering mengeriting rambut, bisa menyebabkan penipisan lapisan rambut kepala. Karena bisa merusak keratin rambut yang menjadikan rambut cepat mengalami kerontokan atau mudah rapuh. Pertumbuhan rambut akan terhambat jika kita sering memakai alat pengeriting. Adapula jika kita sering mengecat rambut akan melukai kulit kepala, yang alergi dengan zat pewarna bisa juga akan menghambat pertumbuhan rambut.

Untuk menghentikan dan menumbuhkan rambut kembali, gunakan layanan SOZOMEN sebagai solusinya, karena sudah terbukti dan teruji. SOZOMEN memberikan berbagai solusi untuk membantu Anda menghadapi berbagai masalah rambut khususnya adalah perawatan kebotakan berpola.

One thought on “Perawatan Kebotakan Berpola dan Cara Penanganannya

Leave a Reply