You are here
Home > Teknologi > Aplikasi > Remote Working Tetap Produktif dengan Aplikasi Kerja Remote Dokodemo-Kerja

Remote Working Tetap Produktif dengan Aplikasi Kerja Remote Dokodemo-Kerja

Remote working merupakan sebuah sistem kerja ketika karyawan bisa bekerja tanpa harus datang ke kantor. Saat ini, apalagi di saat pandemi Covid-19, sistem kerja ini rupanya menjadi tren baru dalam bekerja atau dikenal dengan istilah WFH (Work from Home). Perusahaan yang menerapkan sistem kerja ini biasanya akan menggunakan aplikasi kerja remote untuk menunjangnya.

Kerja Remote

Bekerja secara remote sebenarnya sudah ada sebelum masa pandemi seperti ini, yakni dirasakan oleh para freelancer. Jarak antara freelancer dan perusahaan yang terlalu jauh bahkan berbeda negara mengharuskan mereka bekerja secara remote. Namun, karena pandemi, pekerjaan yang biasanya dilakukan di kantor pun kini juga menerapkan sistem serupa.

Keuntungan Sistem Kerja Remote

1. Menghemat biaya

Keuntungan pertama dari adanya sistem remote working ini adalah mampu menghemat biaya, baik itu untuk perusahaan maupun karyawan. Perusahaan bisa menghemat biaya-biaya pengadaan sarana yang biasanya digunakan oleh para karyawan di kantor seperti internet, ruang kerja, AC, dan lain-lain. Bagi karyawan, hal ini bisa menghemat biaya transportasi yang biasanya dikeluarkan jika harus pergi ke kantor.

Keuntungan Sistem Kerja Remote
Gambar: Doc: Logique Digital Indonesia Blog

2. Jam kerja fleksibel

Karena karyawan tidak harus datang ke kantor, maka mereka akan lebih bebas dalam mengatur waktu. Dengan begitu, karyawan tidak akan merasa terkekang dan bisa meningkatkan produktivitas. Selain itu, dengan sistem ini para karyawan bisa memiliki waktu lebih banyak dengan keluarganya. Perusahaan akan sangat diuntungkan karena meningkatnya produktivitas ini.

Kerugian Sistem Kerja Remote

Meski memiliki banyak keuntungan, nyatanya ada juga kerugian yang bisa dialami jika perusahaan menerapkan sistem kerja remote. Berikut ini adalah beberapa kerugian dari sistem kerja remote.

1. Rawan terjadi miskomunikasi

Karena tidak ada pertemuan tatap muka, untuk menjelaskan job tidak bisa dilakukan secara detail. Belum lagi jika karyawan memiliki koneksi internet yang tidak stabil saat melakukan video call. Hal ini akan membuat rawan terjadi miskomunikasi. Tidak main-main, sekecil apapun miskomunikasi yang terjadi ini akan berpotensi menimbulkan masalah yang lebih besar.

Kerugian Sistem Kerja Remote
Gambar: Romu Gaboriau

2. Karyawan tidak fokus

Tanpa adanya pengawasan ketat dari pihak perusahaan, hal ini berpotensi membuat karyawan yang bekerja di rumah menjadi tidak fokus. Gangguan-gangguan seperti keluarga atau urusan lain di rumah bisa membuat mereka menjadi tidak fokus. Bahkan, jika komitmen karyawan tidak terlalu bagus, mereka akan sering menunda-nunda pekerjaan.

Aplikasi Remote Working Management Tool

Lalu, apakah ada solusi dari kekurangan tersebut? Tentu saja ada. Oleh karena itulah saat ini ada aplikasi yang bisa digunakan untuk mendukung sistem kerja remote, yakni Dokodemo-Kerja. Dokodemo-Kerja merupakan aplikasi untuk absensi karyawan yang dikembangkan PT Logique Digital Indonesia yang merupakan perusahaan IT profesional.

Aplikasi Remote Working Management Tool, Dokodemo-Kerja.
Gambar: Doc. dokodemo-kerja.com

Aplikasi ini dapat dioperasikan baik itu perangkat seluler maupun desktop sehingga cocok untuk kerja remote yang membutuhkan waktu dan tempat yang fleksibel. Ada banyak sekali fitur yang sangat berguna bagi perusahaan dan juga karyawan.

Kelebihan Aplikasi Dokodemo-Kerja

1. Praktis digunakan di mana saja dan kapan saja

Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat digunakan di manapun dan kapan pun. Hal ini karena aplikasi Dokodemo-Kerja bisa dioperasikan pada perangkat seluler dan juga desktop. Mungkin pada waktu tertentu Anda tidak bisa berada di depan komputer atau tidak sempat membawa laptop. Namun, jangan khawatir karena dengan bermodal handphone saja Anda sudah bisa menjalankan aplikasi ini.

Kelebihan Aplikasi Dokodemo-Kerja
Gambar: Doc. dokodemo-kerja.com

2. Dapat memantau kehadiran karyawan

Seperti telah disinggung sebelumnya, Dokodemo-Kerja berfungsi sebagai alat absensi karyawan secara online. Karyawan bisa melakukan absensi kehadiran dengan login pada sistem. Pihak perusahaan juga bisa mengatur kapan waktu kehadiran dan berapa lama toleransi kehadiran. Aplikasi ini sangat cocok digunakan sebagai aplikasi manajemen HR.

3. Dapat memantau aktivitas karyawan

Selanjutnya, meski label yang cukup melekat pada aplikasi Dokodemo-Kerja adalah aplikasi absensi karyawan, namun nyatanya fungsinya jauh lebih dari itu. Dengan aplikasi ini, Anda bisa memantau aktivitas karyawan saat masih dalam jam kerja dengan cara menangkap layar pada waktu yang acak. Dengan begitu, karyawan akan merasa terawasi dan fokus dalam bekerja.

Itulah tadi penjelasan mengenai aplikasi remote working tool Dokodemo-Kerja yang sangat menguntungkan bagi perusahaan yang menerapkan sistem kerja remote. Untuk informasi lebih lanjut tentang aplikasi ini, Anda bisa mengunjungi website www.logique.co.id.

Leave a Reply