You are here
Home > Kuliner > Resep Soto Lobak Bandung

Resep Soto Lobak Bandung

Soto Bandung adalah sajian tradisional Sunda yang harus di coba. Sama seperti Lotek yang memiliki kemiripan dengan gado-Gado , Soto Bandung juga ternyata sangat mirip dengan soto ayam yang lebih populer. Berbeda dengan soto ayam yang menggunakan ayam, soto bandung menggunakan daging sapi dan tidak menggunakan santan. Soto Bandung merupakan salah satu soto daging beningyang terdiri dari kuah bening yang pekat, diisi dengan irisan daging sapi, kacang tanah atau biasanya juga menggunakan kacang kedelai dan irisan lobak putih.

Soto bandung biasanya dilengkapi dengan tambahan sambal dan perasan jeruk nipis. Soto Bandung memiliki aroma yang kuat yang langsung memberi energi dan menghangatkan tubuh kaian. Ini akan menjadi hidangan yang bagus untuk musim hujan yang dingin seperti sekarang ini. Sayangnya saat ini soto Bandung tidak terlau banyak yang menjualnya, berbeda dengan soto Madura yang hampir di setiap sudut kota ada.

Resep Membuat Soto Lobak Bandung
Resep Membuat Soto Lobak Bandung. (Gambar: Doc. IDN Times)

Dimasa pandemic seperti sekarang ini menyantap makanan sehat seperti sayur-sayuran merupakan hal yang sangat penting, jika kalian bosan dengan olahan sayur yang itu-itu saja kalian bisa mencoba soto bandung dengan llobak yang kaya akan manfaat, tidak hanya menyehatkan saja rasa dari soto bandung juga sangat enak maka kalian akan ketagihan setelah kalian mencobanya.

Untuk kalian yang ingin mencobanya kalian mungkin bingung harus mencari soto bandung dimana, karena memang jarang pedagang yang menjual soto bandung. Untuk kalian yang ingin mencicipi soto bandung, tetapi bingung mencari penjual soto bandung, kenapa kalian tidak membuatnya sendiri?

Membuat soto bandung bukanlah hal yang terlalu sulit. Apalagi di masa pandemic seperti ini kita memang diharuskan untuk menjaga jarak dengan mengurangi kontak dengan orang lain oleh karena itu kita diharuskan untuk diam dirumah jika tidak ada kepentingan, dan untuk kalian yang sedang mengikuti protokol kesehatan, kalian bisa menghabiskan waktu kalian dirumah dengan hal yang bermanfaat seperti memasak makanan yang sehat seperti soto bandung ini. untuk kalian yang ingin resep dan cara membuat soto bandung, langsungsaja cek dibawah ini!

Bahan Soto Bandung :

  • 750 gram daging sandung lamur
  • 2 liter air
  • 250 gram kacang kedelai
  • 3 cm jahe, memarkan
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 sendok makan kecap asin
  • 1 buah lobak diiris tipis
  • 2 sendok makan kaldu bubuk sapi

Rempah-rempah :

  • 10 butir bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • 1 sendok teh garam dan ½ sendok teh merica

Pelengkap:

  • irisan daun bawang
  • irisan seledri
  • bawang goreng dan sambal rebus.

Cara Membuat Soto Bandung :

  1. Rendam kedelai selama 1 jam, tiriskan. Panaskan minyak dan goreng hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  2. Rebus daging sampai empuk. Ambil daging dan potong sesuai selera .
  3. Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum, masukkan ke dalam kaldu, didihkan lagi . masukkan daging dan irisan lobak, penyedap rasa kaldu sapi, dan kecap. Masak sebentar , angkat .
  4. Sajikan saat masih panas, taburi daun bawang cincang, seledri, bawang goreng, kecap manis dan sambal.
Youtube : Yummy App

Sangat simple dan sangat mudah bukan membuat soto bandung ini? saya harap kalian bisa dengan mudah membuat soto bandung dengan resep dan cara membuat yang sudah kami berikan diatas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua, sampai jumpa lagi!

Leave a Reply