You are here
Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Yuk, Jaga Kebersihan Diri dengan Melakukan Beberapa Hal Ini!

Yuk, Jaga Kebersihan Diri dengan Melakukan Beberapa Hal Ini!

Menjaga kebersihan diri dengan rutin mencuci tangan, menyikat gigi, mandi, dan lain sebagainya tentu sangat penting diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, terlebih di tengah mewabahnya penularan virus COVID-19. Bukan hanya baik untuk kesehatan, dengan membiasakan diri selalu menerapkan hidup bersih Anda tentunya tidak akan mudah diserang penyakit yang mungkin saja bisa membahayakan kesehatan tubuh Anda.

Cara Menjaga Kebersihan Diri Sendiri
Gambar: Dok. Freepik

Di samping itu, terdapat tiga alasan yang menjelaskan kenapa Anda sangat penting menjaga kebersihan diri, di antaranya: (source: hellosehat)

  • Alasan sosial, di mana dengan selalu menjaga kebersihan Anda pun tidak akan dicap negatif oleh orang lain. Contohnya saja; bau mulut, bau badan, bau ketiak, dan lainnya.
  • Alasan kesehatan, dengan membiasakan hidup bersih tentunya bisa mencegah munculnya berbagai macam penyakit yang bisa menyerang tubuh misalnya diare, demam, dan sebagainya.
  • Alasan psikologis, selalu menjaga kebersihan diri membuat Anda lebih percaya diri ketika berada di tengah-tengah masyarakat.

Untuk itu, yuk jaga kebersihan diri dengan melakukan beberapa hal penting berikut ini, seperti:

1. Rajin Mencuci Tangan

Apakah Anda termasuk orang yang rajin cuci tangan atau malah sering abai dengan anjuran cuci tangan tersebut? Jika sering mengabaikannya, mulai dari sekarang cobalah meninggalkan kebiasaan tersebut. Sebab, sebagian penyakit maupun infeksi yang menyerang tubuh disebabkan karena tangan yang jarang cuci alias kotor.

Rajin Mencuci Tangan
Gambar: Dok. Freepik/gelato91

Oleh karena itu, rajinlah mencuci tangan menggunakan sabun selama 20 detik dan air mengalir, khususnya sebelum makan, setelah memakai toilet, setelah memegang hewan peliharaan, dan sebagainya. Atau, jika mau, Anda juga bisa menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol 75%.

2. Selalu Menyikat Gigi

Selalu menyikat gigi. Sudahkah Anda menyikat gigi hari ini? Jika belum, jangan ditunda segera sikat gigi Anda! Hal ini penting dilakukan guna menghindari bau mulut dan mencegah munculnya plak ataupun infeksi pada gigi. Di samping itu, dengan rutin menyikat gigi, Anda juga bisa terhindar dari yang namanya sakit gigi.

Menyikat Gigi
Gambar: Dok. Freepik/drobotdean

Oleh karena itu, rajinlah selalu menyikat gigi minimal dua kali sehari, baik itu pagi maupun malam hari. Disarankan Anda menggunakan pasta gigi yang terdapat kandungan fluorida dan jangan lupa ganti sikat gigi tiga bulan sekali atau jika sikatnya sudah terlihat usang.

3. Rutin Memotong Kuku dan Mencuci Kaki

Potong Kuku

Jangan biarkan kuku Anda panjang karena kuku tersebut bisa jadi sarang kuman penyakit. Dianjurkan untuk memotongnya jika kuku sudah terlihat panjang menggunakan gunting kuku, baik itu kuku tangan maupun kuku kaki. Di samping itu, Anda juga disarankan untuk rajin mencuci kaki jika Anda termasuk orang yang selalu menggunakan kaos kaki ketika bekerja maupun bepergian ke manapun.

Hal ini penting karena penggunaan kaos kaki bisa menjadi tempat berkembang biaknya kuman ataupun bakteri yang dapat menyebabkan infeksi maupun bau kaki. Karena itu, rajinlah memotong kuku dan mencuci kaki agar bakteri maupun kuman tidak bersarang di kuku maupun kaki Anda.  

Mencuci Kaki

4. Cuci Pakaian yang Kotor

Setelah memakai pakaian yang digunakan untuk bepergian maupun hanya digunakan di rumah, cuci langsung pakaian tersebut menggunakan deterjen. Lantaran, pakaian kotor bisa menjadi sarang sarang kuman maupun bakteri karena itulah Anda sangat disarankan untuk mencucinya setelah menggunakanya.

Cuci Pakaian yang Kotor

Selain itu, ada baiknya Anda menggantung pakaian yang dicuci di bawah sinar matahari agar kuman maupun bakteri yang menempel di pakaian bisa dibunuh dengan baik sehingga tidak akan menyebabkan infeksi.

Bagaimana? Apakah Anda sudah menerapkan gaya hidup bersih seperti yang sudah dituliskan di atas?

Leave a Reply